Vitriana, Sherlie (2021) EFEKTIFITAS METODE VIDEO DAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DIET PASIEN DIABETES MILITUS. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text
01 Cover.pdf Download (476kB) |
|
Text
02 BAB 1.pdf Download (104kB) |
|
Text
03 BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
Text
04 BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
|
Text
05 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
Text
06 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
Text
07 BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
08 Daftar Pustaka.pdf Download (39kB) |
|
Text
09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
10 Cek Plagiasi.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) |
|
Text
Lembar Persetujuan dan Pernyataan Keaslian (Sherlie Vitriana_2017080008).pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
Abstract
Diabetes melitus adalah kelainan metabolisme, dimana kemampuan tubuh untuk memanfaatkan glukosa, lemak dan protein terganggu karena defisiensi insulin atau resistensi insulin. Penanganan DM dapat diatasi dengan meningkatkan pengetahuan. Edukasi memegang peranan utama yang akan menjadi dasar membangun pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas edukasi metode video dan focus group discussion (FGD) terhadap tingkat pengetahuan diet pasien DM di Desa Sidorukun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian quasi eksperimen dengan Two Group Pre-test and Post-test Non Equivalent Control Group Desain. Sampel yang di dapatkan sebanyak 28 responden yang dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok metode video sebanyak 14 reponden dan focus group discussion (FGD) sebanyak 14 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 15 pertanyaan. Dari hasil uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test oleh kelompok metode video didapatkan hasil signifikan (hitung) = 0,0,0765 > 0,05 dan kelompok metode focus group discussion (FGD) didapatkan nilai(hitung) = 0,033 < 0,05, hal ini menunjukkan tidak ada pengaruh pemberian intervensi menggunakan video tetapii ada pengaruh pemberian intervensi menggunakan FGD terhadap peningkatan pengetahuan pada penderita diabetes militus. Hasil uji beda dengan Mann Whitney didapatkan nilai signifikansi = 0,002 < 0.05 artinya ada perbedaan tingkat pengetahuan pada penderita DM setelah dilakukan intervensi antara kelompok metode video dan kelompok focus group discussion (FGD), dikarenakan dari kedua intervensi tersebut memiliki pengruh yang berbeda terhadap tingkat pengetahuan diet pasien DM. Saran pada masyarakat yang mengalami diabetes militus dapat melakukan edukasi menggunakan metode focus group discussion (FGD) dengan pendampingan petugas puskesmas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edukasi, Metode Video dan FGD, Tingkat Pengetahuan diet DM |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | unigres perpus |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 07:57 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 07:57 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/913 |
Actions (login required)
View Item |