Rarik, Widiara Lestari (2025) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN MULTI MODEL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN (STUDI MULTI KASUS:SD NEGERI KLAKAH 01 DAN SDIT NURIS KLAKAH)DI KECAMATAN KLAKAH. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (01 C0ver)
fix Tesis cover new_removed.pdf Download (850kB) |
![]() |
Text (02 Bab 1)
fix Tesis bab 1-18-21.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text (03 Bab 2)
fix Tesis bab 2_-22-41.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
![]() |
Text (04 Bab 3)
fix Tesis Bab 3-42-49.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
![]() |
Text (05 Bab 4)
fix Tesis Bab 4-50-86.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
![]() |
Text (06 bab 5)
fix Tesis Bab 5-87-88.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
![]() |
Text (07 Daftar Pustaka)
fix Tesis Dapus_-89-91.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text (08 Lampiran)
fix Tesis Lampiran-92-112.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
![]() |
Text (09 Jurnal artikel)
09 Jurnal Artikel. rarik.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
![]() |
Text (10 cek plagiasi)
plagiasi tesis rarik.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) |
![]() |
Text (11 lembar persetujuan)
new lembar persetujuan berita acara_merged_removed.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui program supervisi akademik, implementasi dan hambatan - hambatan dalam implementasi. Metode penelitian yaitu menggunakan metode kualitatif dan narasumber yaitu kepala sekolah SDN Klakah 01 dan SDIT Nuris Klakah. Hasil penelitiannya yaitu mengenai teknik supervisi kepala sekolah menggunakan dua teknik, yaitu teknik individual yang meliputi observasi kelas, percakapan pribadi, inter visitasi, penyeleksi berbagai sumber mengajar, menilai diri sendiri, untuk kunjungan kelas masih belum dilakukan secara kontinyu/rutin oleh kepala sekolah dikarenakan banyak tugas diluar kota. Teknik kelompok meliputi pertemuan orientasi, rapat guru, studi kelompok antar guru, diskusi, tukar menukar pengalaman, untuk workshop sementara ini ditiadakan untuk di SDIT Nuris Klakah. Implementasinya menggunakan pendekatan supervisi kepala sekolah yang dilakukan menggunakan pendekatan supervisi pembelajaran direktif(langsung), sedangkan untuk pendekatan supervisi pembelajaran non direktif (tidak langsung) belum diterapkan dengan baik karena kepala sekolah sulit untuk ditemui. Dan untuk pendekatan kolaboratif juga belum diterapkan dikarenakan kedua pendekatan secara langsung dan tidak langsung harus dilaksanakan secara bersamaan.Hambatan - hambatan yaitu Keterbatasan waktu kepala sekolah untuk mensupervisi guru-guru yang jumlahnya sangat banyak, Kurangnya guru senior/sejawat untuk membantu kepala sekolah pada pelaksanaan supervisi akademik, Kurangnya dana dalam RAPBS untuk pelaksanaan supervisi akademik, dan Masih ada guru yang tidak memahami tujuan supervisi akademik, sehingga tidak jarang ditemui guru yang mau disupervisi tidak hadir disekolah saat jadwal pelaksanaan supervisi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kualitas Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Rarik Widiara Lestari |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 01:54 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 01:54 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |