SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN MULTI MODEL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN (STUDI MULTI KASUS:SD NEGERI KLAKAH 01 DAN SDIT NURIS KLAKAH)DI KECAMATAN KLAKAH

Rarik, Widiara Lestari (2025) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN MULTI MODEL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN (STUDI MULTI KASUS:SD NEGERI KLAKAH 01 DAN SDIT NURIS KLAKAH)DI KECAMATAN KLAKAH. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01 C0ver)
fix Tesis cover new_removed.pdf

Download (850kB)
[img] Text (02 Bab 1)
fix Tesis bab 1-18-21.pdf

Download (173kB)
[img] Text (03 Bab 2)
fix Tesis bab 2_-22-41.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text (04 Bab 3)
fix Tesis Bab 3-42-49.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text (05 Bab 4)
fix Tesis Bab 4-50-86.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text (06 bab 5)
fix Tesis Bab 5-87-88.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text (07 Daftar Pustaka)
fix Tesis Dapus_-89-91.pdf

Download (199kB)
[img] Text (08 Lampiran)
fix Tesis Lampiran-92-112.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text (09 Jurnal artikel)
09 Jurnal Artikel. rarik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text (10 cek plagiasi)
plagiasi tesis rarik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
[img] Text (11 lembar persetujuan)
new lembar persetujuan berita acara_merged_removed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui program supervisi akademik, implementasi dan hambatan - hambatan dalam implementasi. Metode penelitian yaitu menggunakan metode kualitatif dan narasumber yaitu kepala sekolah SDN Klakah 01 dan SDIT Nuris Klakah. Hasil penelitiannya yaitu mengenai teknik supervisi kepala sekolah menggunakan dua teknik, yaitu teknik individual yang meliputi observasi kelas, percakapan pribadi, inter visitasi, penyeleksi berbagai sumber mengajar, menilai diri sendiri, untuk kunjungan kelas masih belum dilakukan secara kontinyu/rutin oleh kepala sekolah dikarenakan banyak tugas diluar kota. Teknik kelompok meliputi pertemuan orientasi, rapat guru, studi kelompok antar guru, diskusi, tukar menukar pengalaman, untuk workshop sementara ini ditiadakan untuk di SDIT Nuris Klakah. Implementasinya menggunakan pendekatan supervisi kepala sekolah yang dilakukan menggunakan pendekatan supervisi pembelajaran direktif(langsung), sedangkan untuk pendekatan supervisi pembelajaran non direktif (tidak langsung) belum diterapkan dengan baik karena kepala sekolah sulit untuk ditemui. Dan untuk pendekatan kolaboratif juga belum diterapkan dikarenakan kedua pendekatan secara langsung dan tidak langsung harus dilaksanakan secara bersamaan.Hambatan - hambatan yaitu Keterbatasan waktu kepala sekolah untuk mensupervisi guru-guru yang jumlahnya sangat banyak, Kurangnya guru senior/sejawat untuk membantu kepala sekolah pada pelaksanaan supervisi akademik, Kurangnya dana dalam RAPBS untuk pelaksanaan supervisi akademik, dan Masih ada guru yang tidak memahami tujuan supervisi akademik, sehingga tidak jarang ditemui guru yang mau disupervisi tidak hadir disekolah saat jadwal pelaksanaan supervisi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kualitas Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Rarik Widiara Lestari
Date Deposited: 13 Aug 2025 01:54
Last Modified: 13 Aug 2025 01:54
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3995

Actions (login required)

View Item View Item