MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN INOVASI DAN MOTIVASI KERJA GURU (Studi Multisitus di UPT SDN 129 Gresik dan UPT SDN 119 Gresik)

Tanamen, Lili (2025) MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN INOVASI DAN MOTIVASI KERJA GURU (Studi Multisitus di UPT SDN 129 Gresik dan UPT SDN 119 Gresik). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (COVER)
01 Cover Lili.pdf

Download (567kB)
[img] Text (BAB 1)
02 Bab 1 Lili.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB 2)
03 Bab 2 Lili.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text (BAB 3)
04 Bab 3 Lili.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text (BAB 4)
05 Bab 4 Lili.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] Text (BAB 5)
06 Bab 5 Lili.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka (1).pdf

Download (117kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (JURNAL)
09 Jurnal Lili.T.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text (CEK PLAGIASI)
10 Cek Plagiasi Lili Tanamen.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN UNGGAH)
11 Pernyataan Unggah Publis dan Kartu Bimbingan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)

Abstract

Model kepemimpinan yang efektif dapat meningkatkan inovasi dan motivasi kerja guru. Kepala sekolah dengan model kepemimpinan yang tepat dapat menjadi katalisator dalam peningkatan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kepemimpinan kepala sekolah, faktor yang mendukung pelaksanaan serta modek kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan inovasi dan motivasi kerja guru di UPT SDN 129 Gresik dan UPT SDN 119 Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan transformasional yang ditandai dengan komunikasi terbuka, keteladanan, dan pemberdayaan guru. Inovasi pembelajaran didorong melalui pemberian ruang bagi guru untuk bereksperimen dengan metode berbasis teknologi dan kearifan lokal, serta dukungan dalam bentuk pelatihan internal, supervisi klinis, dan pemberian apresiasi. Dalam aspek motivasi, kepala sekolah memadukan strategi insentif psikologis dan spiritual melalui penguatan nilai kebersamaan, suasana kerja yang kekeluargaan, serta penghargaan terbuka. Faktor pendukung utama keberhasilan model ini meliputi komitmen pribadi kepala sekolah terhadap perubahan, hubungan baik dengan seluruh stakeholder, serta iklim kerja yang kondusif dan kolaboratif. Model kepemimpinan yang berorientasi pada transformasi dan partisipasi terbukti efektif menciptakan budaya kerja yang produktif, kreatif, dan berkelanjutan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model kepemimpinan, Inovasi, Motivasi Kerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: LILI TANAMEN
Date Deposited: 12 Aug 2025 03:48
Last Modified: 12 Aug 2025 03:48
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3988

Actions (login required)

View Item View Item