MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DENGAN MELIBATKAN SISWA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI SDN KEJAYAN KECAMATAN KEJAYAN KABUPATEN PASURUAN

MAIHA, SITI (2025) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DENGAN MELIBATKAN SISWA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI SDN KEJAYAN KECAMATAN KEJAYAN KABUPATEN PASURUAN. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (1.COVER)
1.COVER.pdf

Download (416kB)
[img] Text (2.BAB I)
2.BAB I.pdf

Download (49kB)
[img] Text (3.BAB II)
3.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text (4. BAB III)
4.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text (5.BAB IV)
5.BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
[img] Text (6.BAB V)
6.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text (7.DAFTAR PUSTAKA)
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text (8. LAMPIRAN)
8.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (9.JURNAL SITI MAIHA REV)
9. jurnal Siti Maiha REV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text (10.HASIL PLAGIASI MAIHA NEW)
10.HASIL PALGIASI MAIHA NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
[img] Text (11.LEMBAR PERSETUJUAN)
11.Lembar Persetujuan (6).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perpustakaan merupakan jantung yang ada di lembaga pendidikan yang harus dirawat dengan baik, berbagai strategi dapat dilakukan oleh pengelola perpustakaan di dalam meningkatkan kualitas pengelolaan baik dalam sektor penataan ruang maupun dalam meningkatkan minat kunjung dan minat baca. Pengelolaan dengan melibatkan peran aktif siswa merupakan salah satu contoh yang dilakukan oleh pengelola perpustakaan di SDN Kejayan dalam mengoptimalkan pengelolaan perpustakaan. Penelitian ini memuat tiga fokus penelitian yaitu yang pertama bagaimana perencanaan strategi mengelola perpustakaan dengan melibatkan peran aktif siswa di SDN Kejayan, yang kedua bagaimana pelaksanaan strategi mengelola perpustakaan dengan melibatkan peran aktif siswa di SDN Kejayan, yang ketiga bagaimana hasil strategi mengelola perpustakaan dengan melibatkan peran aktif siswa di SDN Kejayan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Informennya adalah kepala sekolah, pembina perpustakaan, siswa, alumnus, dan guru BP/BK. Metode pengecekan keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini kita dapat mengetahui bahwa: Pertama, perencanaan yang dilakukan di SDN Kejayan dengan mengadakan rekrutmen terbuka, mengadakan diklat, mengorganisasikan dengan memberikan peran dan tugas, merencanakan evaluasi setiap triwulan. Kedua kegiatan yang dilakukan mengacu pada asas dan nilai yang berlaku di sekolah, waktu dan regulasi yang berlaku juga kerap menjadi hambatan terhadap pelaksanaan kegiatan perpustakan. Dan dalam rangka menarik minat kunjung dan baca para siswa pihak pengelola menggunakan beragam cara seperti: Mengadakan taman baca, melakukan kolaborasi dengan BP/BK, membuat bioskop mini, memberikan kopi gratis dan melakukan studi banding ke Lembaga yang lain. Ketiga, strategi yang digunakan tersebut mampu memberikan dampak yang baik bagi siswa, yakni kedewasaan dan tanggungjawab sedangkan kepada perpustakaan sendiri mampu memberikan efektifitas dan efisiensi kerja dan terakhir mampu meningkatkan kuantitas pengunjung melalui kegiatan emosional.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, perpustakaan dan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Siti Maiha
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:57
Last Modified: 11 Aug 2025 06:57
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3963

Actions (login required)

View Item View Item