INOVASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER INDIVIDU (STUDI DI SDN WATESNEGORO 3 NGORO MOJOKERTO)

Aris, Bustanil (2025) INOVASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER INDIVIDU (STUDI DI SDN WATESNEGORO 3 NGORO MOJOKERTO). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01 COVER)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (02 BAB 1)
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text (03 BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text (04 BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text (05 BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text (06 BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text (08 LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (09 JURNAL)
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text (10 CEK PLAGIASI)
CEK PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)
[img] Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis inovasi manajemen pendidikan dalam meningkatkan karakter individu siswa di SDN Watesnegoro 3 Ngoro Mojokerto. Fokus penelitian ini mencakup bentuk-bentuk inovasi yang diterapkan oleh sekolah dan kepala sekolah, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi manajemen pendidikan yang diterapkan meliputi penguatan budaya sekolah, integrasi nilai karakter dalam pembelajaran, serta kolaborasi dengan orang tua dan masyarakat. Kepala sekolah berperan aktif dalam mendorong perubahan melalui kepemimpinan yang visioner dan partisipatif. Faktor pendukung inovasi antara lain komitmen seluruh warga sekolah, dukungan dari orang tua, dan ketersediaan sarana. Sementara itu, faktor penghambat meliputi keterbatasan anggaran, kurangnya pelatihan guru, dan perbedaan karakter siswa. Dengan inovasi manajerial yang tepat, SDN Watesnegoro 3 berhasil menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pembentukan karakter individu siswa secara berkelanjutan. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya peningkatan kapasitas manajerial kepala sekolah dan pelatihan guru dalam pengelolaan pendidikan berbasis karakter.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Inovasi Manajemen Pendidikan, Pendidikan Karakter, Kepala Sekolah, Pendidikan Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: BUSTANIL ARIS
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:07
Last Modified: 11 Aug 2025 02:07
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3948

Actions (login required)

View Item View Item