Agustina, Dini (2025) MODEL MANAJEMEN PENGUATAN KOMPETENSI GURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DI SDN NGADIREJO I DAN SDN ANDONOSARI 4 KECAMATAN TUTUR KABUPATEN PASURUAN. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (1. COVER)
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (2. BAB 1)
2. BAB 1.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text (3. BAB 2)
3. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
![]() |
Text (4. BAB 3)
4. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
![]() |
Text (5. BAB 4)
5. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
![]() |
Text (6. BAB 5)
6. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
![]() |
Text (7. DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text (8. LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (9. JURNAL ARTIKEL)
9. JURNAL ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
![]() |
Text (10. HASIL PLAGIASI TURNITIN)
10. HASIL PLAGIASI TURNITIN.pdf Restricted to Registered users only Download (25MB) |
![]() |
Text (11. LEMBAR PERSETUJUAN)
11. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis model manajemen penguatan kompetensi guru untuk meningkatkan kemampuan literasi digital siswa di SDN Ngadirejo I dan SDN Andonosari 4, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Di tengah urgensi penguasaan teknologi dalam pendidikan modern, penelitian ini menjawab tantangan pengembangan kompetensi guru yang seringkali bersifat parsial dan kurang terkelola. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model manajemen yang efektif diimplementasikan melalui program kolaboratif "Cahaya Digital," yang menerapkan fungsi manajemen secara sistematis. Model ini mencakup: Perencanaan, yang diawali dengan asesmen kebutuhan komprehensif untuk merancang pelatihan yang relevan; Pengorganisasian, diwujudkan melalui kolaborasi antar sekolah dan pembentukan "Kelompok Belajar Digital" sebagai wadah peer-tutoring; Pelaksanaan, yang berfokus pada pelatihan praktis (hands-on) dan pendampingan mentor untuk memastikan aplikasi langsung di kelas ; serta Pengawasan, melalui evaluasi berkelanjutan yang didukung penuh oleh kepemimpinan sekolah. Faktor-faktor kunci keberhasilan model ini adalah kepemimpinan trans-formasional dari kepala sekolah yang visioner, kolaborasi efektif antar sekolah, desain pelatihan yang praktis dan berorientasi aksi, serta terciptanya lingkungan belajar yang suportif dan tidak menghakimi. Implementasi model ini terbukti memberikan dampak signifikan terhadap siswa, yang meliputi peningkatan keterlibatan dan motivasi belajar, kemudahan memahami konsep pelajaran melalui visualisasi, penguasaan keterampilan teknis dasar, serta berkembangnya kreativitas, kolaborasi, dan pemahaman awal mengenai etika digital.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Manajemen, Kompetensi Guru, Literasi Digital, Kolaborasi Sekolah, Kepemimpinan Transformasional, Studi Kasus |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Dini Agustina |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 07:17 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 07:17 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |