Mudzakir, M (2025) ANALISA PENGARUH PENGGUNAAN OLI PELUMAS 15W-40 DAN 10W-40 TERHADAP PERFORMA MESIN MOTOR MATIC 110 CC. Other thesis, Universitas Gresik.
![]() |
Text (01 COVER)
01 COVER UPLOAD SKRIPSI OK.pdf Download (804kB) |
![]() |
Text (02 BAB 1)
02 BAB 1.pdf Download (570kB) |
![]() |
Text (03 BAB 2)
03 BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (04 BAB 3)
04 BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (713kB) |
![]() |
Text (05 BAB 4)
05 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (06 BAB 5)
06 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
![]() |
Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text (08 LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (953kB) |
![]() |
Text (09 JURNAL)
09 Jurnal Mudzakir.pdf Restricted to Repository staff only Download (852kB) |
![]() |
Text (10 PLAGIASI SKRIPSI)
10 Plagiasi Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
![]() |
Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
11 LEMBAR PERSETUJUAN OKE.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan oli pelumas SAE 10W-40 dan SAE 15W-40 terhadap performa mesin motor matic 110 cc. Penelitian dilakukan melalui pengujian eksperimental di laboratorium dengan menggunakan alat dynotest untuk mengukur daya, torsi, rasio udara-bahan bakar (Air Fuel Ratio/AFR), serta viscometer untuk mengukur oli pada suhu 45°C dan 90°C. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pelumas SAE 10W-40 memiliki viskositas lebih rendah sehingga menghasilkan respon mesin yang lebih cepat dan efisien pada RPM rendah hingga menengah. Daya maksimum yang dihasilkan mencapai 6.91 hp pada 6.400 RPM dan torsi maksimum 8.2 Nm pada 5.200 RPM, dengan rentang kerja torsi yang lebih panjang. Di sisi lain, pelumas SAE 15W-40 menunjukkan kestabilan viskositas yang lebih baik pada suhu tinggi, namun memiliki respon yang lebih lambat dan efisiensi bahan bakar yang lebih rendah, dengan daya maksimum 6.85 hp pada 6.000 RPM dan torsi maksimum 8.2 Nm pada 6.000 RPM. Berdasarkan rasio AFR, pelumas SAE 10W-40 lebih mampu menjaga pembakaran mendekati stoikiometrik, sedangkan pelumas SAE 15W-40 cenderung menghasilkan campuran kaya di RPM tinggi. Dengan demikian, pelumas SAE 10W-40 lebih direkomendasikan untuk penggunaan harian yang membutuhkan efisiensi dan responsivitas mesin yang optimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | oli pelumas, viskositas, daya mesin, torsi, AFR, motor matic 110 cc |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | M Mudzakir |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:44 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 06:44 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3930 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |