SAKUR, SAKUR (2025) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 2 BOJONEGORO. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (01 Cover)
1-Cover Tesis-Daftar Isi.pdf Download (934kB) |
![]() |
Text (02 BAB I)
10-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text (03 BAB II)
11-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
![]() |
Text (04 BAB III)
12-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
![]() |
Text (05 BAB IV)
13-BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
![]() |
Text (06 BAB V)
14-BAB V KESIMPULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
![]() |
Text (07 Daftar Pustaka)
15-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text (08 Lampiran-Lampiran)
Lampiran-Doc Foto-Berita Acara bimbingan-Biodata.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (09 Jurnal Tesis)
Jurnal Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
![]() |
Text (10 Cek Plagiasi)
Cek Plagiasi Tesis_SAKUR 30.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (11 Lembar Persetujuan)
Lembar Persetujuan berita acara bimbingan-pernyataan persetujuan.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
Abstract
Sarana prasarana pendidikan merupakan instrumen yang penting dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Negeri 2 Bojonegoro, dilaksanakan dengan baik untuk kenyamanan belajar dan peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, dan guru sebagai subjek. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen, dengan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman (reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan).Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan sarana dan prasarana yang terbagi menjadi perencanaan program (sesuai visi misi, melalui rapat koordinasi, penetapan program, dan kebutuhan) dan perencanaan rumah tangga (berdasarkan laporan kebutuhan, pengolahan data, dan penetapan).(1) Pengadaan sarana dan prasarana dilakukan secara mandiri oleh sekolah berdasarkan keputusan kepala sekolah, menggunakan anggaran dari dana pembangunan siswa. (2) Penyimpanan sarana dan prasarana dilakukan di tempat khusus yang terpisah untuk setiap barang, oleh divisi umum dengan pengawasan wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana. (3) Pemeliharaan sarana dan prasarana: Meliputi pemeliharaan prasarana sekolah oleh petugas yang bertanggungjawab (diawasi wakil kepala sekolah bidang sarana, dengan pemeriksaan berkala tahunan).(4) pemeliharaan sarana sekolah dilakukan agar barang-barang terawatt dengan baik dan siap pakai.(5) Inventarisasi sarana dan prasarana: Menjadi tanggung jawab seluruh warga sekolah yang terlibat dalam pengelolaan sarana dan prasarana. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana di SMA Negeri 2 Bojonegoro dilakukan secara komprehensif mulai dari perencanaan hingga inventarisasi, dengan pembagian tanggung jawab yang jelas untuk menunjang proses pendidikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, sarana dan prasarana pendidikan, SMA Negeri 2 Bojonegoro |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | SAKUR , |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:45 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 02:45 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3906 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |