Anggraini, Pipit Dwi (2025) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KETERLIBATAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MTs NEGERI GRESIK. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (01 COVER)
01 COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (02 BAB I)
02 BAB I.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text (03 BAB II)
03 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
![]() |
Text (04 BAB III)
04 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
![]() |
Text (05 BAB IV)
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) |
![]() |
Text (06 BAB V)
06 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
![]() |
Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text (08 LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (09 JURNAL)
09 JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
![]() |
Text (10 UJI PLAGIASI SKRIPSI PIPIT DWI ANGGRAINI)
10 UJI PLAGIASI SKRIPSI PIPIT DWI ANGGRAINI.pdf Restricted to Registered users only Download (28MB) |
![]() |
Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
11 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
Abstract
Pendidikan memainkan peranan krusial dalam membentuk generasi unggul yang berkarakter Pancasila. Penelitian ini ditujukan untuk mengevaluasi dampak dari pimpinan sekolah dan partisipasi guru terhadap pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini unik karena menyoroti kolaborasi antara pemimpin sekolah dan guru sebagai faktor kunci pembentukan karakter siswa di tingkat madrasah, yang masih jarang diteliti secara kuantitatif. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan menerapkan metode pengambilan sampel secara acak yang sederhana (simple random sampling) terhadap 59 guru sebagai responden. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif, namun pengaruh tersebut tidak mencapai tingkat signifikansi secara statistik secara parsial (signifikansi 0,566; t hitung 0,577 < t tabel), sementara keterlibatan guru berpengaruh positif dan signifikan (signifikansi 0,004; t hitung 3,002 > t tabel). Secara simultan, kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap pembentukan Profil Pelajar Pancasila (signifikansi 0,000; F hitung 14,331 > F tabel) dengan kontribusi sebesar 31,5% (Adjusted R Square 0,315). Artinya, keterlibatan guru memegang peran utama dalam pembentukan karakter siswa, sedangkan kepemimpinan kepala sekolah tetap memberikan kontribusi positif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi antara kepala sekolah dan guru merupakan strategi krusial dalam mengembangkan kepribadian siswa yang didasarkan pada prinsip-prinsip Pancasila.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | PIPIT DWI ANGGRAINI |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:48 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:48 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3900 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |