Susanti, Indri (2025) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SD DI GUSLAH II KECAMATAN WINONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (01 COVER)
01 COVER.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text (02 BAB I)
02 BAB I.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text (03 BAB II)
03 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) |
![]() |
Text (04 BAB III)
04. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
![]() |
Text (05 BAB IV)
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (06 BAB V)
06 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
![]() |
Text (07. DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text (08. LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text (09 JURNAL INDRI)
09 JURNAL INDRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (759kB) |
![]() |
Text (10. HASIL CEK PLAGIASI INDRI SUSANTI 2025 ALL Text)
10. HASIL CEK PLAGIASI INDRI SUSANTI 2025 All Text.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) |
![]() |
Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
11 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji strategi manajemen dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar yang tergabung dalam Gugus Sekolah (Guslah) II, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana kepala sekolah menerapkan strategi manajemen yang sistematis dan terintegrasi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif sebagaimana dikemukakan oleh Creswell (2014), dengan penekanan pada eksplorasi mendalam terhadap fenomena pendidikan berdasarkan pengalaman para partisipan dalam setting alami, serta analisis data secara deskriptif, induktif, dan interpretatif. Penelitian dilaksanakan di dua sekolah dasar di bawah naungan Guslah II selama kurun waktu empat bulan, dari Februari hingga Mei 2025, dengan kegiatan observasi awal dan wawancara pendahuluan dilakukan pada Januari 2025. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Subjek utama dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik, sedangkan sumber data terdiri atas data primer dari interaksi langsung dan data sekunder dari dokumen sekolah. Kerangka teori yang digunakan mengacu pada fungsi-fungsi manajemen klasik yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling (POAC), yang diterapkan untuk menganalisis proses peningkatan mutu pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan mutu pendidikan sangat dipengaruhi oleh faktor input (sumber daya manusia yang kompeten, sarana prasarana yang memadai, kepemimpinan yang visioner), proses manajerial yang efektif (perencanaan strategis, pelibatan pemangku kepentingan, supervisi), dan output yang terukur (peningkatan kualitas pembelajaran, prestasi peserta didik, serta budaya sekolah yang positif). Dampak jangka panjangnya tercermin dalam terbentuknya sekolah yang kompetitif dan berkelanjutan dengan tingkat kepuasan stakeholder yang meningkat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah memainkan peran kunci dalam mengorkestrasi seluruh komponen pendidikan guna mencapai keunggulan pendidikan. Strategi manajemen yang diterapkan di Guslah II dapat dijadikan sebagai model dalam peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan di tingkat sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen mutu, peningkatan sekolah, POAC, pendidikan dasar, kepemimpinan pendidikan, Guslah II, penelitian kualitatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | INDRI SUSANTI |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:32 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 06:32 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |