Qomariyah, Badriyatul (2025) MANAJEMEN PENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA MELALUI BERMAIN PADA ANAK USIA DINI DI RA AL-HIDAYAH DAN RA AS'ADIYAH KEC. KRATON KAB. PASURUAN. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (687kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (837kB) |
![]() |
Text
JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
![]() |
Text
CEK PLAGIASI.pdf Restricted to Registered users only Download (22MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana manajemen pendidikan diimplementasikan dalam meningkatkan kemampuan dan motivasi belajar membaca melalui pendekatan bermain pada anak usia dini di RA Al-Hidayah dan RA As’adiyah, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran dilaksanakan berdasarkan prinsip POAC (Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Pengawasan). Guru menggunakan berbagai strategi bermain seperti permainan kartu huruf, mendongeng, bermain peran, dan membaca bersama yang dikemas secara menarik dan menyenangkan. Pendekatan ini secara signifikan mendorong keterlibatan anak secara aktif, meningkatkan minat baca, dan membentuk pengalaman belajar literasi yang positif. Faktor pendukung utama keberhasilan pembelajaran mencakup kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, serta partisipasi aktif orang tua. Temuan ini diperkuat oleh penerapan teori manajemen POAC (Terry & Rue), teori kognitif sosial (Bandura), dan teori sosiokultural (Vygotsky). Penelitian ini juga mengungkapkan tantangan berupa keterbatasan media pembelajaran dan perbedaan tingkat perkembangan anak yang diatasi melalui pendekatan kreatif dan reflektif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi praktis bagi lembaga PAUD/RA dalam mengembangkan strategi pembelajaran berbasis bermain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen pendidikan, kemampuan membaca, motivasi belajar, bermain, anak usia dini. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Badriyatul Qomariyah |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:50 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 01:50 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |