STRATEGI PENGELOLAAN KOMUNITAS BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN PRODUKTIVITAS GURU (MULTI SITUS DI SMPN 1 BANGIL DAN SMPN 2 BANGIL)

Nurjanah, Nurjanah (2025) STRATEGI PENGELOLAAN KOMUNITAS BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN PRODUKTIVITAS GURU (MULTI SITUS DI SMPN 1 BANGIL DAN SMPN 2 BANGIL). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (1. COVER)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (2. BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (28kB)
[img] Text (3. BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text (4. BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text (5. BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text (6. BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text (7. DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] Text (8. LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (9. JURNAL)
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text (10. CEK PLAGIASI)
CEK PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42MB)
[img] Text (11. LEMBAR PERSETUJUAN)
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengelolaan komunitas belajar dalam meningkatkan kompetensi dan produktivitas guru di SMPN 1 Bangil dan SMPN 2 Bangil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengelolaan komunitas belajar yang efektif ditandai oleh kepemimpinan partisipatif, budaya kolaboratif, serta dukungan kebijakan dan infrastruktur. Komunitas belajar yang terstruktur terbukti meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru, serta mendorong produktivitas melalui praktik inovatif dalam pembelajaran. Temuan ini juga menunjukkan bahwa tantangan seperti rendahnya partisipasi dan minimnya evaluasi dapat diatasi melalui pendekatan reflektif, penggunaan teknologi, dan integrasi komunitas belajar dalam sistem manajemen sekolah. Penelitian ini mendukung pelaksanaan kebijakan pendidikan nasional seperti Program Guru Penggerak dan Kurikulum Merdeka, serta memberikan kontribusi teoretis dan praktis dalam pengelolaan komunitas belajar di sekolah menengah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: komunitas belajar, kompetensi guru, produktivitas guru, manajemen pendidikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: NURJANAH ,
Date Deposited: 07 Aug 2025 01:33
Last Modified: 07 Aug 2025 01:33
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3857

Actions (login required)

View Item View Item