IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI ANAK USIA DINI (STUDI MULTISITUS DI TK PLUS MUTIARA ILMU PANDAAN DAN TK NEGERI PEMBINA PURWOSARI)

MARIA AGUSTIN, IKA (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI ANAK USIA DINI (STUDI MULTISITUS DI TK PLUS MUTIARA ILMU PANDAAN DAN TK NEGERI PEMBINA PURWOSARI). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01.COVER)
01.COVER.pdf

Download (812kB)
[img] Text (02.BAB I)
02.BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text (03.BAB II)
03.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text (04.BAB III)
04.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text (05.BAB IV)
05.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (06.BAB V)
06.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text (07.DAFTAR PUSTAKA)
07.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text (08.Lampiran)
08.Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (09 Jurnal Artikel)
09 Jurnal Artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img] Text (10 Hasil Plagiasi Ika Maria A.)
10 Hasil Plagiasi Ika Maria A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)
[img] Text (11.LEMBAR PERSETUJUAN)
11.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan tehnologi pendidikan yang semakin maju maka berdampak pula pada segala bidang yang terkait dengan perkembangan pendidikan di negara kita. Dari segi kualitas pendidikan maupun kualitas para pendidik itu sendiri sangat ditekankan untuk selalu melakukan perbaikan. Salah satunya adalah penerapan manajemen pengelolaan pembelajaran di sekolah yang berasis IT. Banyak sekali aplikasi-aplikasi tehnologi yang sekarang digunakan oleh para guru untuk mengelola pembelajaran di sekolahnya. Pembelajaran berbasis Canva merupakan salah satu pilihan bagi para guru di tingkat PAUD karena memiliki fitur-fitur yang menarik dan sesuai untuk anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penyusunan program manajemen pembelajaran berbasis Canva di TK Plus Mutiara Ilmu Pandaan dan di TK Negeri Pembina Purwosari, kedua untuk mengetahui langkah-langkah apa yang diambil dalam implementasi manajemen pembelajaran berbasis Canva di TK Plus Mutiara Ilmu Pandaan dan di TK Negeri Pembina Purwosari, serta untuk mengetahui kompetensi anak usia dini dengan adanya implementasi manajemen berbasis Canva di TK Plus Mutiara Ilmu Pandaan dan di TK Negeri Pembina Purwosari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)adanya kegiatan rapat internal untuk merumuskan program manajemen pembelajaran berbasis Canva di TK Plus Mutiara Ilmu dan di TK Negeri Pembina Purwosari sebagai wujud dari proses program manajemen pembelajaran berbasis Canva. (2) Dalam mengimplementasikan manajemen pembelajaran berbasis Canva ditemukan adanya upaya dari para guru dalam membuat desain pembelajaran berbasis Canva dan penerapannya dalam kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa langsung.(3) Dari kompetensi yang dihasilkan setelah diterapkannya implementasi manajemen pembelajaran berbasis Canva di kedua lokus penelitian ditemukan bahwa kompetensi anak didik menunjukkan hasil yang sangat baik, anak menjadi mudah memahami dan dapat menyelesaikan tugas yang diberikan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, aplikasi canva, kreatifitas bahan ajar, dan media promosi sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Ika Maria Agustin
Date Deposited: 06 Aug 2025 06:03
Last Modified: 06 Aug 2025 06:03
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3826

Actions (login required)

View Item View Item