ISMIONO, ISMIONO (2025) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER KI HADJAR DEWANTARA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI UPT SATUAN PENDIDIKAN SDN GENDRO II TUTUR DAN SDN TLOGOBODOSARI I TUTUR. Other thesis, UNIVERSITAS GERSIK.
![]() |
Text (01. COVER)
01. COVER.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text (02. BAB I)
02. BAB I.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text (03. BAB II)
03. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
![]() |
Text (04. BAB III)
04. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
![]() |
Text (05. BAB IV)
05. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
![]() |
Text (06. BAB V)
06. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
![]() |
Text (07. DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) | Request a copy |
![]() |
Text (08. LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) | Request a copy |
![]() |
Text (09. JURNAL_ISMIOONO)
09.JURNAL_ISMIONO.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
![]() |
Text (10. CEK PLAGIASI)
10. hasil-plagiarisme-Tesis.pdf Restricted to Registered users only Download (21MB) | Request a copy |
![]() |
Text (11. LEMBAR PERSETUJUAN)
11. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya urgensi penguatan karakter siswa di tingkat pendidikan dasar, yang ditandai dengan fenomena penurunan nilai moral, disiplin, dan prestasi belajar yang belum optimal. Filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD), dengan konsepnya yang holistik dan berpusat pada anak, menawarkan solusi yang relevan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis proses penerapan pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara di UPT Satuan Pendidikan SDN Gendro II Tutur dan SDN Tlogobodosari I Tutur, (2) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi implementasinya, dan (3) merumuskan model penerapan yang efektif dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi multi-situs. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, orang tua, dan tokoh masyarakat, serta studi dokumen yang relevan seperti Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). Analisis data dilakukan secara induktif menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk mengkaji proses implementasi, penelitian ini menggunakan kerangka teori implementasi kebijakan dari George C. Edward III yang mencakup empat variabel: komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua sekolah telah berupaya menerapkan pendidikan karakter KHD, namun dengan pendekatan dan intensitas yang berbeda. Proses implementasi di kedua sekolah dipengaruhi oleh empat variabel dari teori Edward III. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi dapat dikelompokkan menjadi faktor pendukung (seperti kepemimpinan kepala sekolah yang berkomitmen dan kreativitas guru) dan faktor penghambat (seperti pemahaman konsep KHD yang bervariasi, keterbatasan sumber daya, dan sinergi yang belum optimal dengan orang tua dan masyarakat). Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini menghasilkan sebuah model penerapan yang disebut "Model Ekosistem Among Berbasis Aktor dan Sistem". Model ini mengintegrasikan kerangka Edward III dengan konsep Tri Pusat Pendidikan KHD, yang menekankan sinergi antara delapan komponen: (1) Komunikasi Partisipatif, (2) Optimalisasi Sumber Daya Holistik, (3) Penguatan Disposisi Melalui Keteladanan, (4) Struktur Birokrasi yang Mendukung, (5) Kepemimpinan sebagai Pamong Utama, (6) Guru sebagai Pamong Pelaksana, (7) Orang Tua sebagai Pamong Fondasi, dan (8) Masyarakat sebagai Pamong Kemitraan. Model ini diharapkan dapat menjadi kerangka kerja yang efektif untuk meningkatkan prestasi siswa secara holistik melalui pendidikan karakter yang mengakar dan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Ki Hadjar Dewantara, Model Implementasi, Prestasi Siswa, Tri Pusat Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Ismiono , |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:09 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 02:09 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3811 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |