STRATEGI BRANDING SD SWASTA KECAMATAN WONOREJO DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT (STUDI MULTI SITUS DI SD ISLAM SITI KHADIJAH DAN SDI DARUL ULUM)

Sa'deyah, Chalimatus (2025) STRATEGI BRANDING SD SWASTA KECAMATAN WONOREJO DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT (STUDI MULTI SITUS DI SD ISLAM SITI KHADIJAH DAN SDI DARUL ULUM). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01. COVER)
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (02. BAB I)
02. BAB I.pdf

Download (738kB)
[img] Text (03. BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text (04. BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text (05. BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (06. BAB V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text (07. DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)
[img] Text (08. LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (09. JURNAL)
09. JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)
[img] Text (10. CEK PLAGIASI)
10. CEK PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] Text (11. LEMBAR PERSETUJUAN)
11. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Strategi branding menentukan eksistensi sekolah di tengah persaingan ketat antara Sekolah Negeri dan Swasta. Berdasarkan progress sinkronisasi Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) pada web https://dapo.kemdikbud.go.id/progres tahun pelajaran 2023-2024 bulan Mei dengan progres data 100% dari 24 lembaga SD di Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan menunjukkan bahwa SD Swasta yakni SD Islam Siti Khadijah dan SDI Al-Ishlah mampu bersaingan dengan SD Negeri yang memiliki jumlah siswa diatas 100, namun juga nampak bahwa 2 SD Swasta yang lain yakni SDI Al-Ikhlas dan SDI Darul Ulum memperoleh jumlah siswa di bawah 100 bahkan perolehan siswanya paling sedikit dari semua lembaga SD. Jumlah siswa SDI Al-Ikhlas hanya 63 siswa, artinya 2 SD Swasta ini belum mampu bersaing secara ketat dengan SD Negeri. Maka dari itu tujuan penelitian kali ini adalah; 1) Mengetahui langkah-langkah dalam strategi branding SD swasta untuk meningkatkan minat masyarakat, 2) Upaya SD swasta untuk mengatasi kendala dalam melakukan branding sekolah, 3) minat masyarakat terhadap SD swasta dengan diterapkannya strategi branding. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis penelitian yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan; 1) Langkah-langkah dalam strategi branding SD swasta untuk meningkatkan minat Masyarakat adalah; a) peningkatan kapsitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melalui pelatihan yang berkelanjutan, b) membentuk identitas sekolah melalui capaian prestasi, c) membangun sekolah dengan prestasi, d) promosi, e) implementasi pembelajaran Al-Qur’an, dan f) ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran, 2) Upaya SD wasta untuk mengatasi kendala dalam melakukan branding sekolah adalah; a) adanya forum komunitas belajar yang aktif, b) konsisten melanjutkan implementasi program unggulan, 3) Minat masyarakat terhadap SD swasta dengan diterapkannya strategi branding adalah; a) kepuasan orang tua atas pelayanan dan kinerja sekolah, b) kepuasan siswa atas pelayanan pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: branding sekolah, minat masyarakat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: CHALIMATUS SA'DEYAH
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:47
Last Modified: 06 Aug 2025 01:47
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3808

Actions (login required)

View Item View Item