Kulsum, Umi (2025) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA PENYELENGGARA DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK UNTUK MEMPEROLEH IJAZAH PADA PROGRAM KESETARAAN DI PKBM AWWALIYAH ROHMAH. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (01. COVER)
01. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (02. BAB I)
02. BAB I.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text (03. BAB II)
03. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
![]() |
Text (04.BAB III)
04. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
![]() |
Text (05. BAB IV)
05. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (06. BAB V)
06. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
![]() |
Text (07. BAB VI)
07. BAB VI penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
![]() |
Text (08. DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text (09. LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (10. JURNAL)
10. JURNAL UMI KULSUM.pdf Restricted to Repository staff only Download (889kB) |
![]() |
Text (11. HASIL PLAGIASI UMI KULSUM)
11. HASIL PLAGIASI UMI KULSUM.pdf Restricted to Registered users only Download (21MB) |
![]() |
Text (12. LEMBAR PERSETUJUAN)
12. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Kepemimpinan Kepala Penyelenggara Dalam Memotivasi Peserta Didik Untuk Memperoleh Ijazah pada Program Pendidikan Kesetaraan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran kepala penyelenggara sebagai pemimpin dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung serta meningkatkan motivasi peserta didik untuk menyelesaikan pendidikan dan memperoleh ijazah sebagai bentuk pengakuan kompetensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala penyelenggara menerapkan gaya kepemimpinan partisipatif dan transformasional dalam menjalankan manajemen, seperti memberikan penghargaan, menciptakan komunikasi yang terbuka, serta membangun relasi emosional dengan peserta didik. Strategi motivasi yang digunakan meliputi pemberian dukungan moral, penyediaan fasilitas belajar, serta penyampaian visi masa depan yang jelas kepada peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan kepala penyelenggara dalam memotivasi peserta didik sangat dipengaruhi oleh kemampuan kepemimpinan yang adaptif dan pendekatan personal yang diterapkan dalam proses pembelajaran program kesetaraan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen kepemimpinan, motivasi belajar, program kesetaraan, PKBM, kepala penyelenggara |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Umi Kulsum |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 06:48 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 06:48 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |