MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA PENYELENGGARA DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK UNTUK MEMPEROLEH IJAZAH PADA PROGRAM KESETARAAN DI PKBM AWWALIYAH ROHMAH

Kulsum, Umi (2025) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA PENYELENGGARA DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK UNTUK MEMPEROLEH IJAZAH PADA PROGRAM KESETARAAN DI PKBM AWWALIYAH ROHMAH. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01. COVER)
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (02. BAB I)
02. BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text (03. BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text (04.BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text (05. BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (06. BAB V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text (07. BAB VI)
07. BAB VI penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text (08. DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text (09. LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (10. JURNAL)
10. JURNAL UMI KULSUM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text (11. HASIL PLAGIASI UMI KULSUM)
11. HASIL PLAGIASI UMI KULSUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] Text (12. LEMBAR PERSETUJUAN)
12. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Kepemimpinan Kepala Penyelenggara Dalam Memotivasi Peserta Didik Untuk Memperoleh Ijazah pada Program Pendidikan Kesetaraan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran kepala penyelenggara sebagai pemimpin dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung serta meningkatkan motivasi peserta didik untuk menyelesaikan pendidikan dan memperoleh ijazah sebagai bentuk pengakuan kompetensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala penyelenggara menerapkan gaya kepemimpinan partisipatif dan transformasional dalam menjalankan manajemen, seperti memberikan penghargaan, menciptakan komunikasi yang terbuka, serta membangun relasi emosional dengan peserta didik. Strategi motivasi yang digunakan meliputi pemberian dukungan moral, penyediaan fasilitas belajar, serta penyampaian visi masa depan yang jelas kepada peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan kepala penyelenggara dalam memotivasi peserta didik sangat dipengaruhi oleh kemampuan kepemimpinan yang adaptif dan pendekatan personal yang diterapkan dalam proses pembelajaran program kesetaraan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen kepemimpinan, motivasi belajar, program kesetaraan, PKBM, kepala penyelenggara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Umi Kulsum
Date Deposited: 05 Aug 2025 06:48
Last Modified: 05 Aug 2025 06:48
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3796

Actions (login required)

View Item View Item