MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (STUDI MULTISITUS DI SDN SLAMBRIT DAN SDN CURAHDUKU 1 KABUPATEN PASURUAN)

Masruroh, Masruroh (2025) MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (STUDI MULTISITUS DI SDN SLAMBRIT DAN SDN CURAHDUKU 1 KABUPATEN PASURUAN). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01 Cover)
01. COVER.pdf

Download (547kB)
[img] Text (02 BAB 1)
02. BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text (03 BAB 2)
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text (04 BAB 3)
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text (05 BAB 4)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text (06 BAB 5)
06. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB)
[img] Text (08 LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (09 JURNAL)
09. Jurnal Masruroh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text (10 PLAGIASI)
10. HASIL PLAGIASI MASRUROH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB)
[img] Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
11. Lembar Persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen strategi kepala sekolah dalam memanfaatkan teknologi guna meningkatkan profesionalisme guru di SDN Slambrit dan SDN Curahdukuh I Kabupaten Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua sekolah menerapkan strategi pemanfaatan teknologi secara sistematis, melalui arahan kepala sekolah agar seluruh guru mengintegrasikan teknologi dalam penyusunan program sekolah, kurikulum, dan proses pembelajaran. Proses penyusunan strategi dilakukan melalui tahapan identifikasi kebutuhan, pengumpulan data, perencanaan, pelibatan stakeholder, pelaksanaan, supervisi, serta evaluasi berkelanjutan. Implementasi strategi mencakup peningkatan kompetensi guru, digitalisasi administrasi, penggunaan media pembelajaran digital seperti liveworksheet.com, serta penguatan budaya sekolah berbasis teknologi. Kepala sekolah berperan sebagai motor penggerak dalam menciptakan lingkungan sekolah yang adaptif terhadap perkembangan digital. Hasil dari strategi ini menunjukkan : 1) Proses Penyusunan Program Manajemen Strategi Kepala Sekolah dalam Memanfaatkan Teknologi di SDN Slambrit dan SDN Curahdukuh I sama-sama menerapkan pemanfaatan teknologi yakni dengan kepala sekolah kedua sekolah mengarahkan semua guru untuk memanfaatkan teknologi baik dalam penyusunan program sekolah, kurikulum maupun proses pembelajaran dari guru kepada siswa. 2) Implementasi manajemen strategi kepala sekolah dalam memanfaatkan teknologi di SDN Slambrit dan SDN Curahdukuh I yakni kedua sekolah tersebut mengarahkan semua dewan guru memanfaatkan teknologi melalui pendekatan yang adaptif dan berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran serta efektivitas manajemen sekolah. 3) Hasil manajemen strategi kepala sekolah dalam memanfaatkan teknologi di SDN Slambrit dan SDN Curahdukuh I sama-sama berhasil meraih capaian positif di sekolah dan juga meningkatkan keprofesionalan dewan guru. Penelitian ini menegaskan bahwa teknologi tidak hanya berperan sebagai alat bantu, tetapi juga sebagai instrumen strategis dalam peningkatan kapasitas dan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN STRATEGI, KEPALA SEKOLAH, PROFESIONALISME GURU
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: MASRUROH ,
Date Deposited: 05 Aug 2025 03:07
Last Modified: 05 Aug 2025 03:07
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3746

Actions (login required)

View Item View Item