Wilujeng, Endar Wahyu (2025) STRATEGI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (Studi Multisitus di TK PKK III Cowek dan TK Islam Qathrunnada). Other thesis, universitas gresik.
![]() |
Text (1. COVER)
01 Halaman Depan_Endar W.W_230100060.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text (02 BAB 1)
02 BAB 1_Endar.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text (03 BAB 2)
03 BAB 2_Endar.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
![]() |
Text (04 BAB 3)
04 BAB 3_Endar.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
![]() |
Text (05 BAB 4)
05 BAB 4_Endar.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
![]() |
Text (06 BAB 5)
06 BAB 5_Endar.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
![]() |
Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka_Endar.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text (08 LAMPIRAN)
08 Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (09 JURNAL)
09 Artikel Jurnal Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
![]() |
Text (10 CEK PLAGIASI)
10 cek plagiasi endar.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
![]() |
Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
11 lembar persetujuan dan bimbingan.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi manajemen Kurikulum Mandiri dalam peningkatan mutu pembelajaran anak usia dini di TK PKK III Cowek dan TK Islam Qathrunnada. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi multisitus di 2 sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua lembaga tersebut menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dengan merancang program pembelajaran berdasarkan kebutuhan dan minat anak, yang dituangkan dalam program semester dan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). Pengorganisasian tugas dilakukan melalui rapat rutin dan pembagian tanggung jawab yang melibatkan kepala sekolah dan guru, meliputi kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan penetapan jadwal P5. Proses pembelajaran mengutamakan pendekatan bermain sambil belajar, integrasi metode STEAM, dan penggunaan media loose part untuk merangsang kreativitas dan berpikir kritis anak. Penilaian dilakukan secara autentik melalui catatan anekdot, checklist, dan dokumentasi hasil kerja anak. Evaluasi kurikulum dilakukan secara berkala setiap semester, sedangkan refleksi pembelajaran dilakukan setiap minggu sebagai bagian dari perbaikan berkelanjutan. Perbedaan utama terletak pada media pembelajaran dan pendekatan stimulus yang digunakan masing-masing lembaga, namun sama-sama menitikberatkan pada literasi, penanaman etika, karakter, dan pendidikan agama. Pembelajaran tematik berbasis proyek seperti eksplorasi lingkungan terbukti mampu meningkatkan aspek holistik perkembangan anak, sekaligus memperkuat sinergi antara sekolah dan orang tua. Dengan demikian, strategi manajemen Kurikulum Merdeka yang diterapkan di kedua TK tersebut efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategi, Kurikulum Merdeka, Mutu Pembelajaran TK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | ENDAR WAHYU WILUJENG |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:36 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:36 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |