MANAJEMEN INOVASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MEMBACA (STUDI MULTISITUS DI SDN GERBO V DAN SDN GERBO VI KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN PASURUAN)

Kurniati, Endah (2025) MANAJEMEN INOVASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MEMBACA (STUDI MULTISITUS DI SDN GERBO V DAN SDN GERBO VI KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN PASURUAN). Other thesis, Universitas Gresik.

[img] Text (01 COVER)
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (02 BAB I)
02. BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text (03 BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text (04 BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text (05 BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text (06 BAB V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text (08 LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (09 JURNAL)
09. JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text (10 HASIL PLAGIASI)
10. HASIL PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34MB)
[img] Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
11. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan inovasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan budaya membaca di SDN Gerbo V dan SDN Gerbo VI Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini berasal dari Kepala Sekolah, guru kelas 5, dan siswa kelas 5 di SDN Gerbo V dan SDN Gerbo VI. Sementara itu sumber data sekunder berasal dari catatan guru atau catatan siswa dalam kegiatan membaca buku, observasi ruang kelas, koleksi buku pengayaan yang bervariasi, dokumen pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (I) Perencanaan literasi dilakukan dengan melibatkan evaluasi sarana-prasarana dan rapat guru untuk menyusun jadwal kegiatan yang sistematis. Kegiatan membaca 15 menit setiap hari sebelum pelajaran pertama menjadi praktik umum di kedua sekolah. Jadwal membaca di sudut baca diterapkan, meskipun frekuensi dan waktunya sedikit berbeda. Penggunaan proyektor dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan literasi dengan menampilkan materi dan tema tertentu secara rutin. (II) Kegiatan membaca 15 menit menjadi rutinitas harian yang dilakukan dengan metode membaca nyaring, membaca dalam hati, atau bergilir. Penguatan pemahaman bacaan dilakukan dengan meminta siswa menceritakan kembali, membuat ringkasan, dan mempresentasikan isi bacaan. Literasi dihubungkan dengan kurikulum dan kehidupan nyata, sehingga kegiatan membaca tidak hanya sebagai aktivitas mandiri tetapi juga sebagai bagian dari pembelajaran terpadu. Pemanfaatan media proyektor/video digunakan sebagai sarana menarik untuk mendukung literasi dan diskusi siswa. (III) Faktor pendukung utama di kedua sekolah adalah ketersediaan sarana dan prasarana yang baik serta peran aktif guru dan warga sekolah dalam mendukung kegiatan literasi. Kegiatan literasi yang variatif, inovatif, dan menyenangkan menjadi kunci keberhasilan dalam menarik minat siswa. Faktor penghambat yang sama di kedua sekolah adalah rendahnya minat baca siswa, keterbatasan variasi bahan bacaan, dan keterbatasan dana/anggaran. (IV) Kedua sekolah berhasil membentuk kebiasaan membaca sebagai bagian dari budaya sekolah, meskipun dengan pendekatan yang sedikit berbeda (SDN Gerbo V lebih menekankan kolaborasi dan lingkungan literasi, SDN Gerbo VI menekankan kesenangan dan motivasi membaca).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: literasi, inovasi, Gerakan literasi sekolah, budaya membaca.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Endah Kurniati
Date Deposited: 05 Aug 2025 06:53
Last Modified: 05 Aug 2025 06:53
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3732

Actions (login required)

View Item View Item