STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK PENINGKATAN DISIPLIN DAN ETIKA MURID SMAN 1 BOJONEGORO

Ikhsan, Zaenal (2025) STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK PENINGKATAN DISIPLIN DAN ETIKA MURID SMAN 1 BOJONEGORO. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01. COVER)
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (02. BAB 1)
02. BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text (03. BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text (04. BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (05. BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (06. BAB V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text (07. DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (582kB)
[img] Text (08. LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (09. JURNAL TESIS ZAENAL IKHSAN)
09. JURNAL TESIS ZAENAL IKHSAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text (10. PLAGIASI TESIS ZAENAL IKHSAN + COVER)
10. PLAGIASI TESIS ZAENAL IKHSAN 2025 + COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB)
[img] Text (11. LEMBAR PERSETUJUAN)
11. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi manajemen pendidikan karakter yang diterapkan di SMAN 1 Bojonegoro dalam upaya meningkatkan disiplin dan etika murid. SMAN 1 Bojonegoro merupakan sekolah favorit yang menjadi contoh bagi sekolah lain di Kabupaten Bojonegoro dalam pembentukan karakter murid. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan strategi program pendidikan karakter yang telah dijalankan oleh sekolah dalam meningkatkan disiplin dan etika murid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi terhadap berbagai program pendidikan karakter di sekolah. Data dianalisis secara deskriptif dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen pendidikan karakter di SMAN 1 Bojonegoro dilaksanakan melalui penguatan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran, kegiatan pembiasaan positif sehari-hari, keteladanan guru, serta pelibatan orang tua dan masyarakat. Strategi ini didukung oleh budaya sekolah yang kondusif, regulasi internal sekolah, dan komitmen manajemen sekolah. Adapun faktor penghambat yang ditemukan meliputi kurangnya pengawasan di luar jam sekolah, perbedaan latar belakang keluarga siswa, serta dinamika perkembangan teknologi yang memengaruhi perilaku murid. Meskipun demikian, pelaksanaan program secara umum berjalan efektif dan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kedisiplinan dan etika murid. Teori yang mendasari penelitian ini meliputi teori Manajemen Pendidikan (George R. Terry & Henry Fayol), yang menekankan pentingnya fungsi manajerial dalam merancang dan mengelola strategi pendidikan di lingkungan sekolah, teori Pendidikan Karakter (Thomas Lickona), yang menyatakan bahwa pendidikan karakter mencakup aspek moral knowing, moral feeling, dan moral action dalam pembentukan pribadi peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi manajemen pendidikan karakter yang dijalankan secara terstruktur, konsisten, dan kolaboratif di SMAN 1 Bojonegoro berhasil membentuk murid yang berdisiplin dan beretika, meskipun tetap membutuhkan penguatan dan evaluasi berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: strategi manajemen, pendidikan karakter, disiplin, etika, sekolah favorit
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: ZAENAL IKHSAN
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:13
Last Modified: 04 Aug 2025 07:13
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3721

Actions (login required)

View Item View Item