Nursiyanto, Didik (2025) Implementasi Program Pelatihan Guru Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik di UPT Satuan Pendidikan SDN Gendro II Tutur dan SDN Tlogobodosari I Tutur. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (01 Cover)
01 Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (02 Bab I)
02 BAB I.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text (03 Bab II)
03 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
![]() |
Text (04 Bab III)
04 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
![]() |
Text (05 Bab IV)
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) | Request a copy |
![]() |
Text (06 Bab V)
06 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) | Request a copy |
![]() |
Text (07 Daftar Pustaka)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text (08 Daftar Lampiran)
08 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (09 Jurnal)
09 JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) | Request a copy |
![]() |
Text (10 Cek Plagiasi)
10 CEK PLAGIASI.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
![]() |
Text (11 Lembar Persetujuan)
11 Lembar Persetujuan.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan fondasi kemajuan bangsa, dengan guru sebagai garda terdepan. Kompetensi pedagogik menjadi elemen krusial yang menentukan keberhasilan guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis implementasi program pelatihan guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik di UPT Satuan Pendidikan SDN Gendro II Tutur dan SDN Tlogobodosari I Tutur; (2) mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi program tersebut; dan (3) merumuskan model implementasi pelatihan guru yang efektif dan kontekstual. Pengamatan awal menunjukkan kompetensi pedagogik guru masih perlu ditingkatkan, terlihat dari dominasi metode konvensional, kesulitan merancang RPP inovatif, terbatasnya pemanfaatan TIK, dan evaluasi yang berfokus pada aspek kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pelatihan guru memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru. Peningkatan ini terlihat pada kemampuan guru dalam merancang RPP yang lebih inovatif dan kontekstual, menerapkan metode pembelajaran yang lebih variatif dan partisipatif, mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran, serta melakukan evaluasi yang lebih komprehensif. Analisis menggunakan teori Edward III mengidentifikasi faktor pendukung seperti motivasi internal guru, dukungan kepala sekolah, dan kualitas materi. Sementara itu, faktor penghambat meliputi keterbatasan sarana TIK, alokasi waktu guru, dan kurangnya pendampingan pasca-pelatihan yang intensif. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merumuskan Model Implementasi Pelatihan Guru “BERAKSI” (Berkelanjutan, Reflektif, Kolaboratif, Kontekstual, Terintegrasi TIK, dan Supervisi Suportif) sebagai kerangka kerja yang sistematis dan komprehensif untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan yang relevan dengan kondisi di lokasi penelitian.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Program, Pelatihan Guru, Kompetensi Pedagogik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Didik Nurisiyanto |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:59 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 06:59 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |