Aminingtyas, Aminingtyas (2025) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI PRODO WINONGAN PASURUAN JAWA TIMUR). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (01. COVER)
01. COVER.pdf Download (950kB) |
![]() |
Text (02. BAB I)
02. BAB I.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text (03. BAB II)
03. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
![]() |
Text (04. BAB III)
04. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
![]() |
Text (05. BAB IV)
05. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (877kB) |
![]() |
Text (06. BAB V)
06. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
![]() |
Text (07. DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text (08. LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text (09. JURNAL AMININGTYAS)
09. JURNAL AMININGTYAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
![]() |
Text (10. HASIL PLAGIASI AMININGTYAS_2025_COVER+ALL)
10. HASIL PLAGIASI AMININGTYAS_2025_COVER+ALL.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
![]() |
Text (11. LEMBAR PERSETUJUAN)
11, LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah pada perangkat lunak Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Dasar Negeri Prodo Winongan, Pasuruan, Jawa Timur. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Fokus penelitian meliputi: (1) peran kepala sekolah dalam perangkat lunak MBS, (dua) faktor-faktor yang memengaruhi kiprah kepemimpinan koordinator sekolah, dan (3) model kepemimpinan yang diterapkan. akibat penelitian menyampaikan bahwa kepala sekolah menjalankan peran strategis menjadi motivator, inovator, serta koordinator pada membuat lingkungan belajar yang paling aman dan partisipatif. Gaya kepemimpinan transformasional diterapkan untuk memberdayakan guru, menciptakan budaya sekolah, serta mengoptimalkan keterlibatan warga sekolah. Meskipun menghadapi hambatan mirip keterbatasan asal daya dan partisipasi, koordinator sekolah mampu menginisiasi kolaborasi memakai berbagai pemangku kepentingan guna mendukung keberhasilan MBS. Penelitian ini menyampaikan kontribusi bagi pengembangan model kepemimpinan kepala sekolah berbasis kontekstual pada era otonomi pendidikan di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan kepala sekolah, manajemen berbasis sekolah,kepemimpinan transformasional. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | AMININGTYAS , |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 06:31 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 06:31 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |