PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI PRODO WINONGAN PASURUAN JAWA TIMUR)

Aminingtyas, Aminingtyas (2025) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI PRODO WINONGAN PASURUAN JAWA TIMUR). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01. COVER)
01. COVER.pdf

Download (950kB)
[img] Text (02. BAB I)
02. BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text (03. BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text (04. BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text (05. BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[img] Text (06. BAB V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text (07. DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (08. LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (09. JURNAL AMININGTYAS)
09. JURNAL AMININGTYAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text (10. HASIL PLAGIASI AMININGTYAS_2025_COVER+ALL)
10. HASIL PLAGIASI AMININGTYAS_2025_COVER+ALL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[img] Text (11. LEMBAR PERSETUJUAN)
11, LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah pada perangkat lunak Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Dasar Negeri Prodo Winongan, Pasuruan, Jawa Timur. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Fokus penelitian meliputi: (1) peran kepala sekolah dalam perangkat lunak MBS, (dua) faktor-faktor yang memengaruhi kiprah kepemimpinan koordinator sekolah, dan (3) model kepemimpinan yang diterapkan. akibat penelitian menyampaikan bahwa kepala sekolah menjalankan peran strategis menjadi motivator, inovator, serta koordinator pada membuat lingkungan belajar yang paling aman dan partisipatif. Gaya kepemimpinan transformasional diterapkan untuk memberdayakan guru, menciptakan budaya sekolah, serta mengoptimalkan keterlibatan warga sekolah. Meskipun menghadapi hambatan mirip keterbatasan asal daya dan partisipasi, koordinator sekolah mampu menginisiasi kolaborasi memakai berbagai pemangku kepentingan guna mendukung keberhasilan MBS. Penelitian ini menyampaikan kontribusi bagi pengembangan model kepemimpinan kepala sekolah berbasis kontekstual pada era otonomi pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan kepala sekolah, manajemen berbasis sekolah,kepemimpinan transformasional.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: AMININGTYAS ,
Date Deposited: 01 Aug 2025 06:31
Last Modified: 01 Aug 2025 06:31
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3658

Actions (login required)

View Item View Item