Sari, Anindyta Happy Indah (2025) MANAJEMEN INOVASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (STUDI MULTISITUS DI UPT SDN 52 GRESIK DAN UPT SDN 153 GRESIK). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (COVER)
01. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
02. BAB I.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text (BAB II)
03. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
![]() |
Text (BAB III)
04. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
05. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
![]() |
Text (BAB V)
06. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text (JURNAL)
10. JURNAL ANINDYTA.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
![]() |
Text (HASIL PLAGIASI)
11. HASIL PLAGIASI.pdf Restricted to Registered users only Download (22MB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
12. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Keberagaman latar belakang peserta didik mempengaruhi proses pembentukan karakter, terutama pada tingkat Sekolah Dasar (SD) yang merupakan masa kritis dalam pembentukan karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan secara mendalam mengenai inovasi kurikulum merdeka dalam pengembangan karakter peserta didik sekolah dasar yang menerapkan kerangka kerja manajemen yaitu POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitan studi multisitus. Tahap perencanaan terdiri dari lima aspek, yaitu 1.sosialisasi konsep; 2.keterlibatan stakeholder; 3.analisis kebutuhan; 4.penyusunan strategis; dan 5.pengembangan kapasitas guru. Tahap pengorganisasian terdiri dari empat aspek, yaitu: 1. pola manajemen kolaboratif; 2.peran kepala sekolah; 3.pembagian tugas; dan 4.partisipasi guru. Tahap pelaksanaan terdiri dari empat aspek, yaitu: 1.metode pembelajaran; 2.fokus karakter; 3.kegiatan rutin; dan 4.integrasi pembelajaran. Tahap pengawasan terdiri dari empat aspek, yaitu 1.fokus evaluasi; 2.metode pengawasan; 3.instrumen evaluasi; dan 4.karakteristik proses.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | ANINDYTA HAPPY INDAH SARI |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:13 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 02:13 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |