MANAJEMEN INOVASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (STUDI MULTISITUS DI UPT SDN 52 GRESIK DAN UPT SDN 153 GRESIK)

Sari, Anindyta Happy Indah (2025) MANAJEMEN INOVASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (STUDI MULTISITUS DI UPT SDN 52 GRESIK DAN UPT SDN 153 GRESIK). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (COVER)
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
02. BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (JURNAL)
10. JURNAL ANINDYTA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text (HASIL PLAGIASI)
11. HASIL PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
12. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keberagaman latar belakang peserta didik mempengaruhi proses pembentukan karakter, terutama pada tingkat Sekolah Dasar (SD) yang merupakan masa kritis dalam pembentukan karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan secara mendalam mengenai inovasi kurikulum merdeka dalam pengembangan karakter peserta didik sekolah dasar yang menerapkan kerangka kerja manajemen yaitu POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitan studi multisitus. Tahap perencanaan terdiri dari lima aspek, yaitu 1.sosialisasi konsep; 2.keterlibatan stakeholder; 3.analisis kebutuhan; 4.penyusunan strategis; dan 5.pengembangan kapasitas guru. Tahap pengorganisasian terdiri dari empat aspek, yaitu: 1. pola manajemen kolaboratif; 2.peran kepala sekolah; 3.pembagian tugas; dan 4.partisipasi guru. Tahap pelaksanaan terdiri dari empat aspek, yaitu: 1.metode pembelajaran; 2.fokus karakter; 3.kegiatan rutin; dan 4.integrasi pembelajaran. Tahap pengawasan terdiri dari empat aspek, yaitu 1.fokus evaluasi; 2.metode pengawasan; 3.instrumen evaluasi; dan 4.karakteristik proses.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: ANINDYTA HAPPY INDAH SARI
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:13
Last Modified: 01 Aug 2025 02:13
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3626

Actions (login required)

View Item View Item