Susanti, Dwi (2025) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMK NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN GRESIK. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (01 COVER)
COVER TESIS DWISUSANTI.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (02 BAB 1)
BAB 1.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (03 BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text (04 BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text (05 BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text (06 BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (08 LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text (09 JURNAL)
JURNAL DWISUSANTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
![]() |
Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
LEMBAR PERSETUJUAN (BA+PUBLIKASI).pdf Restricted to Registered users only Download (822kB) |
![]() |
Text (10 PLAGIASI)
PLAGIASI TESIS DWEESUSANTI 2025.pdf Restricted to Registered users only Download (42MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Negeri 1 Duduksampeyan agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Tingginya angka pengangguran lulusan SMK di Indonesia menunjukkan urgensi penelitian ini untuk mencari solusi relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, siswa, alumni, dan perwakilan dunia kerja yang bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Duduksampeyan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan langkah-langkah Miles and Huberman: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran krusial sebagai pemimpin, manajer, motivator, supervisor, dan inovator, meskipun peran inovator masih perlu ditingkatkan. Delapan strategi utama diterapkan: menjalin kemitraan dengan DU/DI, menyelaraskan kurikulum, meningkatkan hard skill dan soft skill siswa, meningkatkan karakter siswa, meningkatkan mutu pendidik, memberikan apresiasi, memenuhi sarana prasarana, dan evaluasi berkala. Implikasi positif dari strategi ini adalah peningkatan kompetensi lulusan, keterserapan di dunia kerja (lebih dari 85% lulusan bekerja, 12% melanjutkan pendidikan), sertifikasi kompetensi, pengalaman magang, dan lingkungan sekolah yang kondusif. Namun, tantangan seperti keterbatasan dana, belum optimalnya program kelas industri/TEFA, dan motivasi belajar siswa yang rendah masih perlu diatasi untuk menjamin mutu lulusan yang berkelanjutan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran kepala sekolah, strategi , mutu lulusan dan dunia kerja |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | DWI SUSANTI |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:08 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 04:08 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |