PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMK NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN GRESIK

Susanti, Dwi (2025) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMK NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN GRESIK. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01 COVER)
COVER TESIS DWISUSANTI.pdf

Download (4MB)
[img] Text (02 BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text (03 BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (04 BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (05 BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (06 BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text (08 LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (09 JURNAL)
JURNAL DWISUSANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
LEMBAR PERSETUJUAN (BA+PUBLIKASI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text (10 PLAGIASI)
PLAGIASI TESIS DWEESUSANTI 2025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Negeri 1 Duduksampeyan agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Tingginya angka pengangguran lulusan SMK di Indonesia menunjukkan urgensi penelitian ini untuk mencari solusi relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, siswa, alumni, dan perwakilan dunia kerja yang bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Duduksampeyan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan langkah-langkah Miles and Huberman: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran krusial sebagai pemimpin, manajer, motivator, supervisor, dan inovator, meskipun peran inovator masih perlu ditingkatkan. Delapan strategi utama diterapkan: menjalin kemitraan dengan DU/DI, menyelaraskan kurikulum, meningkatkan hard skill dan soft skill siswa, meningkatkan karakter siswa, meningkatkan mutu pendidik, memberikan apresiasi, memenuhi sarana prasarana, dan evaluasi berkala. Implikasi positif dari strategi ini adalah peningkatan kompetensi lulusan, keterserapan di dunia kerja (lebih dari 85% lulusan bekerja, 12% melanjutkan pendidikan), sertifikasi kompetensi, pengalaman magang, dan lingkungan sekolah yang kondusif. Namun, tantangan seperti keterbatasan dana, belum optimalnya program kelas industri/TEFA, dan motivasi belajar siswa yang rendah masih perlu diatasi untuk menjamin mutu lulusan yang berkelanjutan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran kepala sekolah, strategi , mutu lulusan dan dunia kerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: DWI SUSANTI
Date Deposited: 31 Jul 2025 04:08
Last Modified: 31 Jul 2025 04:08
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3614

Actions (login required)

View Item View Item