WINARDI, JAUHAR REZA (2025) MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI ERA DIGITAL ( STUDI KASUS DI UPT SD NEGERI 70 GRESIK ). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (01. COVER)
01. COVER.pdf Download (832kB) |
![]() |
Text (02. BAB I)
02. BAB I JAUHAR REZA WINARDI.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text (03. BAB II)
03. BAB II JAUHAR REZA WINARDI.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
![]() |
Text (04. BAB III)
04. BAB III JAUHAR REZA WINARDI.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
![]() |
Text (05. BAB IV)
05. BAB IV JAUHAR REZA WINARDI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text (06. BAB V)
06. BAB V JAUHAR REZA WINARDI.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
![]() |
Text (07. DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA JUHAR REZA WINARDI.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text (08. LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN JAUHAR REZA WINARDI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (09. JURNAL)
09. JURNAL JAUHAR REZA WINARDI.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
![]() |
Text (10. HASIL PLAGIASI TESIS)
10. HASIL PLAGIASI TESIS_JAUHAR REZA WINARDI.pdf Restricted to Registered users only Download (38MB) |
![]() |
Text (11. LEMBAR PERSETUJUAN)
11. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi di era digital telah membawa transformasi signifikan dalam dunia pendidikan, menuntut guru untuk menguasai keterampilan digital guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun, berdasarkan data penelitian sebelumnya, sekitar 59,72% guru masih belum menguasai keterampilan komputer. Penelitian ini berfokus pada peran strategis kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di era digital, khususnya di UPT SD Negeri 70 Gresik, yang menghadapi tantangan seperti rendahnya literasi digital, keterbatasan sarana prasarana, dan kurangnya pelatihan berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan stakeholders, observasi partisipatif terhadap proses pembelajaran berbasis teknologi, serta analisis dokumen terkait kebijakan sekolah dan laporan pelatihan guru. Data dianalisis secara interaktif melalui tahapan pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan dengan teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan manajemen strategi melalui tiga tahap utama: (1) perumusan strategi berbasis analisis kebutuhan dan penetapan visi sekolah yang berorientasi digital; (2) implementasi strategi meliputi pelatihan guru, penyediaan infrastruktur teknologi, dan kolaborasi dengan dinas pendidikan serta orang tua siswa; (3) evaluasi strategi melalui monitoring berkala dan umpan balik dari guru. Dampak positif terlihat pada peningkatan kompetensi guru dalam menggunakan platform digital seperti CBT, Canva, dan Google form. Namun, tantangan seperti kesenjangan kemampuan antarguru dan keterbatasan jaringan internet masih perlu diatasi. Kepemimpinan kepala sekolah dalam merancang dan mengimplementasikan manajemen strategi berbasis teknologi berperan krusial dalam meningkatkan profesionalisme guru di era digital. Keberhasilan strategi ini memerlukan komitmen berkelanjutan dari seluruh stakeholders, dukungan kebijakan pemerintah, serta alokasi anggaran yang memadai untuk pengembangan infrastruktur dan pelatihan guru. Temuan penelitian ini dapat menjadi referensi bagi sekolah lain dalam menghadapi tantangan digitalisasi pendidikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen strategi, kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, transformasi digital, pembelajaran berbasis teknologi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Jauhar Reza Winardi |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:29 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:29 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3611 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |