Rosyadi, Didin (2025) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH MELALUI REFLEKSI TINDAK LANJUT BERBASIS COACHING DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMKN 1 DUDUKSAMPEYAN. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
![]() |
Text (01 COVER)
01 COVER.pdf Download (985kB) |
![]() |
Text (02 BAB 1)
02 BAB 1.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text (03 BAB 2)
03 BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
![]() |
Text (04 BAB 3)
04 BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
![]() |
Text (05 BAB 4)
05 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
![]() |
Text (06 BAB 5)
06 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
![]() |
Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text (08 LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (09 JURNAL)
09 JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
![]() |
Text (10 CEK PLAGIASI)
10 CEK PLAGIASI.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
![]() |
Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
11 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi supervisi akademik kepala sekolah melalui refleksi tindak lanjut berbasis coaching dalam meningkatkan kinerja guru di SMKN 1 Duduksampeyan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, Guru, dan Pengawas Sekolah di SMKN 1 Duduksampeyan Gresik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles & Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah telah melalui tahapan refleksi yang sistematis dengan pendekatan coaching, yang terdiri dari proses identifikasi masalah, perumusan tujuan bersama, penyusunan rencana aksi, serta monitoring tindak lanjut. Faktor pendukung keberhasilan implementasi antara lain: komitmen kepala sekolah, keterbukaan guru, dan budaya reflektif di lingkungan sekolah. Penelitian ini juga menghasilkan model refleksi tindak lanjut berbasis coaching yang adaptif terhadap konteks sekolah kejuruan. Model ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan supervisi akademik yang lebih efektif untuk meningkatkan profesionalisme dan kinerja guru secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik, Refleksi Tindak Lanjut, dan Coaching |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | DIDIN ROSYADI |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:29 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:29 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3515 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |