IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH MELALUI REFLEKSI TINDAK LANJUT BERBASIS COACHING DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMKN 1 DUDUKSAMPEYAN

Rosyadi, Didin (2025) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH MELALUI REFLEKSI TINDAK LANJUT BERBASIS COACHING DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMKN 1 DUDUKSAMPEYAN. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01 COVER)
01 COVER.pdf

Download (985kB)
[img] Text (02 BAB 1)
02 BAB 1.pdf

Download (265kB)
[img] Text (03 BAB 2)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text (04 BAB 3)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text (05 BAB 4)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text (06 BAB 5)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] Text (08 LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (09 JURNAL)
09 JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text (10 CEK PLAGIASI)
10 CEK PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
11 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi supervisi akademik kepala sekolah melalui refleksi tindak lanjut berbasis coaching dalam meningkatkan kinerja guru di SMKN 1 Duduksampeyan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, Guru, dan Pengawas Sekolah di SMKN 1 Duduksampeyan Gresik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles & Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah telah melalui tahapan refleksi yang sistematis dengan pendekatan coaching, yang terdiri dari proses identifikasi masalah, perumusan tujuan bersama, penyusunan rencana aksi, serta monitoring tindak lanjut. Faktor pendukung keberhasilan implementasi antara lain: komitmen kepala sekolah, keterbukaan guru, dan budaya reflektif di lingkungan sekolah. Penelitian ini juga menghasilkan model refleksi tindak lanjut berbasis coaching yang adaptif terhadap konteks sekolah kejuruan. Model ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan supervisi akademik yang lebih efektif untuk meningkatkan profesionalisme dan kinerja guru secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Refleksi Tindak Lanjut, dan Coaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: DIDIN ROSYADI
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:29
Last Modified: 29 Jul 2025 02:29
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3515

Actions (login required)

View Item View Item