MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MADRASAH TSANAWIYAH MAMBAUL FALAH TAMBILUNG TAMBAK BAWEAN GRESIK

JUNAIDI, JUNAIDI (2025) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MADRASAH TSANAWIYAH MAMBAUL FALAH TAMBILUNG TAMBAK BAWEAN GRESIK. Other thesis, Universitas Gresik.

[img] Text (01. Cover)
01. Cover.pdf

Download (691kB)
[img] Text (02. Bab 1)
02. Bab 1.pdf

Download (178kB)
[img] Text (03. Bab 2)
03. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text (04. Bab 3)
04. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text (05. Bab 4)
05. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text (06. Bab 5)
06. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text (07. Daftar Pustaka)
07. Daftar Pustaka.pdf

Download (252kB)
[img] Text (08. Lampiran)
08. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (09. Jurnal)
09. Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text (10. Cek Plagiasi)
10. Cek Plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (11. Lembar Persetujuan)
11. Lembar Persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Junaidi, 2025. “Manajemen Pendidikan Karakter Siswa Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Mambaul Falah”. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Gresik. Dibimbing oleh Taufiq Harris dan A. Faizin. Tesis ini membahas tentang Manajemen Pendidikan Karakter Siswa Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs. Mambaul Falah. Penelitian ini bertujuan: a) Untuk mendeskripsikan peencanaan pendidikan karakter yang terintegrasi pada perencanaan pembelajaran di MTs Mambaul Falah. b) Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter siswa. c) Untuk mengetahui pengawasan pendidikan karakter di MTs. Mambaul Falah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang menggambarkan data sesuai yang terjadi di lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Sumber data dalam penelitian ini yakni data primer yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, Guru BK, Pembina Ekskul, Peserta didik dan Staf Tata Usaha. Data sekunder berupa dokumen dokumen Ekskul, dokumen RPP dan Silabus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Perencanaan berpedoman pada visi dan misi sekolah serta mengikuti tema sentral yang disampaikan secara nasional, yaitu penguatan karakter kebangsaan. faktor yang mempengaruhi keberhasilan merealisasikan visi dan misi pendidikan karakter: komitmen, konsisten, evaluasi dan membuat solusi. Kepala sekolah membentuk tim kerja yang terdiri dari bagian Kurikulum, Kesiswaan, Guru Agama serta Pembina siswa dalam membuat darf pendidikan karakter. (2) Pelaksanaan, diawali dengan sosialisasi aturan dan tata tertib sekolah melalui rapat, upacara bendera, apel pagi, media sosial dan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), pendidikan karakter dituangkan dalam tata tertib sekolah. Pelaksanaan dilakukan di dalam kelas dengan mengintegrasikan kedalam mata pelajaran dibawa bimbingan guru dan wali kelas. Pelaksanaan di luar kelas dengan bimbingan kesiswaan dan pembina ekstrakurikuler. (3) Pengawasan di kelas, melakukan pengamatan langsung di lingkungan sekolah. Evaluasi disampaikan dalam rapat akhir semister, untuk mengetahui keberhasilan pendidikan karakter yang telah dilaksanakan diantaranya: karakter siswa, sarana dan prasarana serta pembiayaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan, Karakter Siswa dan Mutu Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: JUNAIDI ,
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:18
Last Modified: 28 Jul 2025 03:18
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3470

Actions (login required)

View Item View Item