PERAN MASKULINITAS CEO BERPENGARUH TERHADAP KONSERVATIF AKUNTANSI

Khamidah, Nur (2025) PERAN MASKULINITAS CEO BERPENGARUH TERHADAP KONSERVATIF AKUNTANSI. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01 COVER)
01 cover.pdf

Download (784kB)
[img] Text (02 BAB 1)
02 Bab 1.pdf

Download (229kB)
[img] Text (03 BAB 2)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text (04 BAB 3)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text (05 BAB 4)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] Text (06 BAB 5)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB)
[img] Text (08 LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text (09 JURNAL)
09 Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text (10 CEK PLAGIASI)
10 Cek Plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)
[img] Text (11 LEMBAR PENGESAHAN)
11 Lembar Persetujuan .pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti secara empiris peran maskulinitas wajah CEO pria terhadap tingkat konservatisme akuntansi perusahaan. Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengambil populasi dan sampel perusahaan yang bergerak dibidang food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2020 hingga 2023. Temuan: Hasil temuan yang menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat maskulinitas wajah yang dimiliki CEO pria, maka kecenderungan perusahaan untuk menerapkan prinsip kehati-hatian dalam akuntansi akan menurun. Sebaliknya, semakin rendah tingkat maskulinitas wajah, perusahaan cenderung lebih konservatif dalam praktik akuntansinya. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan kebijakan akuntansi, khususnya bagi Ikatan Akuntan Indonesia dalam mempertimbangkan faktor kepemimpinan dalam penyusunan standar akuntansi. Identifikasi wajah CEO dilakukan melalui pengumpulan gambar dari situs resmi BEI, situs perusahaan, dan pencarian daring. Data dianalisis menggunakan metode regresi panel dengan pendekatan Pooled Least Square (PLS) melalui perangkat lunak Stata. Implikasi penelitian: Secara teoritis, studi ini turut memperkaya literatur terkait teori agensi, teori upper echelon, dan konsistensi perilaku. Penelitian ini juga mengisi kekosongan kajian di Indonesia yang sebelumnya belum banyak mengangkat hubungan antara atribut fisik CEO dengan kebijakan akuntansi, berbeda dengan studi sejenis yang dilakukan di Amerika Serikat pada periode 1993–2008.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Maskulinitas Wajah CEO; Konservatif Akuntansi; Bursa Efek; Stata.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Nur Khamidah
Date Deposited: 24 Jul 2025 05:59
Last Modified: 24 Jul 2025 05:59
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3447

Actions (login required)

View Item View Item