Septiyanti, Merlin (2025) Efektivitas Edukasi Kesehatan Melalui Media Board Book dan Media Pop Up Book Terhadap Toilet Training pada Anak Tunagrahita. Other thesis, Universitas Gresik.
![]() |
Text (01 COVER)
01 COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (02 BAB 1)
02 BAB 1.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text (03 BAB 2)
03 BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) |
![]() |
Text (04 BAB 3)
04 BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
![]() |
Text (05 BAB 4)
05 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
![]() |
Text (06 BAB 5)
06 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
![]() |
Text (07 BAB 6)
07 BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
![]() |
Text (08 DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text (09 LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (10 JURNAL)
10 JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
![]() |
Text (11 HASIL CEK PLAGIASI)
11 HASIL CEK PLAGIASI.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) |
![]() |
Text (12 LEMBAR PERSETUJUAN)
12 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tunagrahita merupakan kondisi seseorang dengan kecerdasan intelektual (IQ) dibawah 70. Anak dengan tunagrahita memiliki karakteristik terbatas dalam kemampuan kognitif, komunikasi dan keterampilan adaptif. Salah satu keterampilan adaptif yang sering menjadi tantangan adalah kemampuan toilet training. Toilet training penting untuk melatih kemandirian dan kesehatan anak. Namun, anak tunagrahita sering menghadapi kesulitan dalam melaksanakan toilet training sehingga diperlukan media pembelajaran alternatif seperti board book dan pop up book yang telah terbukti efektif dalam pembelajaran visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas edukasi kesehatan melalui media board book dan media pop up book terhadap toilet training pada anak tunagrahita. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan pendekatan two group pre – post test. Populasi pada penelitian ini berjumlah 23 responden anak tunagrahita di SLB Al-Falah Sembayat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney. Hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai p value atau nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan pengetahuan, sikap, kemampuan sebelum dan sesudah dilakukan edukasi kesehatan tentang toilet training pada kedua kelompok. Sedangkan hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa H1 ditolak, artinya tidak ada perbedaan efektivitas edukasi kesehatan melalui media board book dan media pop up book terhadap toilet training pada anak tunagrahita. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan kedua media efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan kemampuan toilet training pada anak tunagrahita. Namun, media board book menunjukkan keunggulan yang lebih signifikan dalam hal pengetahuan yang cukup, peningkatan sikap positif dan kemampuan yang tinggi dibandingkan dengan media pop up book.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Board book, edukasi kesehatan, pop up book, tunagrahita, toilet training. |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Merlin Septiyanti |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 02:22 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 02:22 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3257 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |