Masruroh, Siti (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK ( STUDI MULTI SITUS DI RA AL KHOIRIYAH DAN RA TARBIYATUL AULAD KECAMATAN CERME KABUPATEN GRESIK ). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (COVER)
01. COVER SITI MASRUROH.pdf Download (464kB) |
|
Text (BAB I)
02. BAB 1 (1).pdf Download (330kB) |
|
Text (BAB II)
03. BAB 2 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
|
Text (BAB III)
04. BAB 3 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
|
Text (BAB IV)
05. BAB 4 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
|
Text (BAB V)
06. BAB 5 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA (3).pdf Download (355kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN (3).pdf Restricted to Registered users only Download (955kB) |
|
Text (CEK PLAGIASI)
09. cek plagiasi.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
ilovepdf_merged (7).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam pendidikan guru merupakan unsur penting dan teladan bagi siswa, sehingga berperan sangat penting dalam mendidik dan membentuk karakter dan pola prilaku siswa. Menurut Hamzah (2007:15), Guru adalah orang dewasa yang sadar dan bertanggung jawab dalam mendidik, membimbing peserta didik. Pribadi guru adalah seorang yang diidentifikasi dengan pihak yang mempunya kewajibandan tanggung jawab membentuk watak dan prilaku generasi penerus bangsa orang yang identik dengan pihak yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam membentuk karakter atau perilaku generasi penerus bangsa. Dalam kegiatanpembelajaran hendaknya guru bisa melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan serta berusaha untuk tidak melakukan tindakan kekerasan, diskriminasi, dan bullying, supaya anak dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Sesuai dengan judul penelitian ini yaitu “Strategi Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di RA Al Khoiriyah dan RA Tarbiyatul Aulad Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik, maka penelitian ini termasuk penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkandata deskriptif, berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari orang-orang (subjek) itu sendiri. Hasil temuan yang pertama strategi kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah ramah anak diataranya : Sekolah harus mampu melaksanakan kebijakan sekolah ramah anak, dengan menjelaskan tentang sekolah ramah anak kepada warga sekolah. Sekolah harus melakukan pengawasan dalam pelaksanaan kurikulum. Temuan kedua berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh kepala sekolah RA Al Khoiriyah dan RA Tarbiyatul Aulad tentang beberapa kendala terhadap pelaksanaan sekolah ramah anak yakni: Belum adanya kurikulum khusus terkait program SRA. minimnya sarana dan prasarana serta APE. Partisipasi yang diberikan orang tua dalam menunjang program SRA sangat minim. Temuan ketiga berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh kepala sekolah RA Al Khoiriyah danRA Tarbiyatul Aulad tentang beberapa cara untuk mengatasi kendala terhadap pelaksanaan sekolah ramah anak yakni: Melakukan sosialisasi kepada orang tua terkait sekolah ramah anak melalui kegiatan parenting setiap 3 bulan sekali. Membentuk tim khusus untuk pelaksanaan SRA. Kepala sekolah dalam hal ini menjadi inovator, yang dalam hal ini sebagai seorang kepala sekolah mampu memberikan inovasi- inovasi dan cara baru dalam lembaga yang dipimpinnya. Alasan peneliti menyatakan demikian adalah bahwasannya kepala sekolah sebagai motor penggerak, penentu arah kebijakan sekolah yang akan menentukan bagaimana tujuan sekolah dan pendidikan pada umumnya direalisasikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Kepala Sekolah untuk mewujudkan Sekolah Ramah Anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Siti Masruroh |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 01:20 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 01:20 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3162 |
Actions (login required)
View Item |