AZIZAH, JUMROTIN (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM KURIKULUM MERDEKA (Studi Multi Kasus ) Pada TK PKK IV Gempol dan TK PGRI II Winong Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (COVER)
COVER BENAR.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I FIX No Plagiasi.pdf Download (179kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II FIX sdh Plagiasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III FIX PLAGIASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV FIX No Plagiasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (960kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V FIX NO PLAGIASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN WAWANCARA.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
|
Text (CEK PLAGIASI)
Tesis Titin Bab 1-5 sudah Plagiasi.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
Lembar Persetujuan Titin (2).pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
Abstract
ABSTRAK Jumrotin Azizah. 2024. Implementasi manajemen pembelajaran berbasis proyek dalam kurikulum merdeka (Studi Kasus Pada TK PKK IV Gempol dan TK PGRI II Winong Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan) Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Gresik. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Siti Bariroh, M.Pd (2) A.Faizin, S.S., M.Hum. Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran, Proyek Kurikulum merdeka telah diterapkan pada sebagian lembaga TK. Salah satu pilar utama dalam kurikulum merdeka yaitu pembelajaran yang dilaksanakan adalah Project Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Proyek. Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Manajemen Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka dilembaga TK PKK IV Gempol dan TK PGRI II Winong, fakor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan Majemen pembelajaran proyek. Adapun metode penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus, data primer dengan observasi dan wawancara serta data sekunder dengan pengumpulan dari jurnal, Tesis, buku, blog dan lain-lain. Langkah penelitian diawali dengan studi literature tentang kualitas lembaga TK yaitu terkait bagaimana Penerapan Manajemen Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka. Selanjutnya, akan dilaksanakan analisis data berupa identifikasi dengan analisis pada komponen yang diharapkan diperoleh karakteristik secara alamiah dan mendalam serta masalah terkait penerapan manajemen pembelajaran berbasis proyek dalam Kurikulum Merdeka. Dengan menggunakan teori perkembangan belajar, sebagai pisau analisis mendapatkan data yang lebih akurat. Hasil penelitian ini adalah (1) Proses penerapan Manajemen Pembelajaran berbasis proyek dalam kurikulum Merdeka dilembaga, Peserta didik dan pendidik bekerja sama untuk merencanakan kegiatan. Dampak yang diharapkan dalam aktivitas ini adalah agar peserta didik memiliki rasa dilibatkan dan menjadi tokoh utama dalam proyek. (2) Fakor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan manajemen pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka yaitu fakor pendukung berupa kemampuan pendidik dalam menterjemahkan ide dan gagasan dalam perencanaan pembelajaran proyek sesuai Kurikulum Merdeka dengan fasilitas serta sarana dan prasarana yang bisa digunakan oleh pendidik, sedangkan fakor penghambat yaitu kesadaran orang tua tentang pemahaman Pembelajaran Berbasis Proyek yang dianggap terlalu sering mengeluarkan biaya serta orang tua yang sibuk bekerja dan lebih menyerahkan kegiatan pembelajaran anaknya kepada lembaga. ABSTRACT Jumrotin Azizah. 2024. Implementation of project-based learning management in the independent curriculum (Case Study) at PKK IV Gempol Kindergarten and PGRI II Winong Kindergarten, Gempol District, Pasuruan Regency. Thesis, Education Management Study Program, Gresik University Postgraduate Program. Supervisor: (I) Dra. Hj. Siti Bariroh, M.Pd (2) A. Faizin, S.S., M.Hum. Keywords: Implementation, Learning, Project The independent curriculum has been implemented in some TK institutions. One of the main pillars in the independent curriculum, namely the learning carried out, is Project Based Learning. This thesis aims to describe the implementation of Project-Based Learning Management in the Independent Curriculum at the PKK IV Gempol Kindergarten and PGRI II Winong Kindergarten, supporting and inhibiting factors in the process of implementing project learning management. This research method is in the form of qualitative descriptive research. This research is qualitative research with a case study approach, primary data using observations and interviews and secondary data collecting from journals, theses, books, blogs and others. The research step begins with a literature study about the quality of TK institutions, namely regarding how to implement project-based learning management in the Independent Curriculum. Next, data analysis will be carried out in the form of identification with analysis of components that are expected to obtain natural and in-depth characteristics as well as problems related to the implementation of project-based learning management in the Independent Curriculum. By using the theory of learning development, as an analytical tool to obtain more accurate data. The results of this research are (1) The process of implementing project-based learning management in the Merdeka curriculum in institutions. Students and educators work together to plan activities. The expected impact of this activity is for students to feel involved and become the main figures in the project. (2) Supporting and inhibiting factors in the process of implementing learning management in the Merdeka Curriculum, namely supporting factors in the form of educators' ability to translate ideas and concepts in planning learning projects according to the Merdeka Curriculum with facilities and infrastructure that can be used by educators, while inhibiting factors are awareness parents regarding the understanding of Project Based Learning which is considered too often costly and parents who are busy working and hand over their children's learning activities to institutions.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran, Proyek |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | JUMROTIN A JUMROTIN AZIZAH JUMROTIN AZIZAH |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 01:16 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 01:16 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3138 |
Actions (login required)
View Item |