OPTIMALISASI PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN DALAM PERCEPATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS GURU (STUDI MULTI SITUS DI SMPN 1 PANDAAN DAN SMPN 2 GEMPOL) PASURUAN

Rosidah, Rosidah (2024) OPTIMALISASI PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN DALAM PERCEPATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS GURU (STUDI MULTI SITUS DI SMPN 1 PANDAAN DAN SMPN 2 GEMPOL) PASURUAN. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (COVER)
1. COVER TESIS 2.pdf

Download (721kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I REVISI.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB III REVISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (51kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (CEK PLAGIASI)
10. tesisss cek turn it in.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
11. Lembar Persetujuan S2 Unggah Karya Ilmiah benar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang kebijakan optimalisasi peran musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) di kabupaten Pasuruan dalam upaya percepatan implementasi kurikulum merdeka di kabupaten Pasuruan. Tesis ini mendeskripsikan tentang bagaimana peran MGMP dalam upaya percepatan implementasi kurikulum Merdeka. Penelitian implementasi kebijakan ini mengacu pada teori implementasi dari Edward III yang menekankan pada empat aspek pokok implementasi yakni, komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Pandaan dan SMPN 2 Gempol kabupaten Pasutruan pada tanggal 1– 30 Maret 2024. Subjek dari penelitian ini adalah koordinator MGMP Bahasa Daerah dan Bahasa Inggris , ketua MGMP Bahasa Daerah dan IPS, guru mata pelajaran, kepala sekolah, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Terkait keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik untuk memastikan kebenaran data. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) bentuk optimalisasi peran musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) di kabupaten Pasuruan dalam percepatan IKM adalah pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melakukan sosialisasi kebijakan implementasi kurikulum merdeka (IKM) dan pembuatan program kerja musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) yang disesuaikan dengan kebijakan IKM yaitu konsep IKM, platfom merdeka mengajar (PMM), pembelajaran berdiferensiasai, penyusunan capaian pembelajaran (CP), tujuan pembelajaran (TP), alur tujuan pembelajaran (ATP), dan modul ajar (MA), proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), dan penyusunan asesmen, (2) Implementasi kebijakan tersebut didukung oleh a) komunikasi yaitu dilakukan dengan mengadakan sosialisasi kebijakan kurikulum merdeka, pembuatan program kerja, dan pelaksanaan program. b) Sumber daya didukung oleh sumber daya manusia, finansial, informasi dan teknologi. c) Pelaksana kebijakan memiliki komitmen dan dukungan yang memadai, d) Terdapat Struktur birokrasi mulai dari dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Pasuruan sampai pada pelaksana kebijakan. Optimalisasi peran MGMP dalam upaya percepatan Implementasi kebijakan kurikulum merdeka dapat meningkatkan kualitas guru.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Implementasi Kurikulum Merdeka, Kualitas Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Rosidah Rosidah Rosidah
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:20
Last Modified: 19 Aug 2024 03:20
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3119

Actions (login required)

View Item View Item