Narto, Narto (2024) STRATEGI KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMPN 1 PANDAAN DAN SMPN 2 GEMPOL. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (01 COVER)
01 COVER.pdf Download (303kB) |
|
Text (02 BAB I)
02 BAB I.pdf Download (111kB) |
|
Text (03 BAB 2)
03 BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) |
|
Text (04 BAB 3)
04 BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
Text (05 BAB 4)
05 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (06 BAB 5)
06 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
|
Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
|
Text (08 LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (10 CEK PLAGIASI)
10 CEK PLAGIASI.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) |
|
Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
11 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji lebih dalam mengenai proses strategi kebijakan pendidikan Kurikulum Merdeka melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Pandaan dan SMP Negeri 2 Gempol. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tim pelaksana, guru, dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pandaan dan SMP Negeri 2 Gempol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi dalam pembelajaran Proyek profil pelajar pancasila di SMP Negeri 1 Pandaan diantaranya adalah a) Project Based Learning, b) Cooperative Learning, c) Problem Based Learning, d) Inquiry Based Learning, e) Contextual Teaching and Learning, dan f) Pembelajaran berbasis Teknologi. Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka melalui Proyek Penguatan Proofil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Pandaan dan SMP Negeri 2 Gempol, dilihat dari aspek: a) komunikasi dilakukan dengan sosialisasi kepada seluruh warga sekolah; b) sumber daya manusia masih membutuhkan penguatan pemahaman materi proyek; sumber daya anggaran di SMP Negeri 2 Gempol masih memerlukan alternatif pembiayaan selain dari BOS, sumber daya peralatan lengkap serta kewenangan Kepala Sekolah telah sesuai dengan sebagaimana mestinya; c) disposisi, program ini mendapatkan respon dan dukungan dari semua pihak di sekolah; d) struktur birokrasi, semua personal bertugas sesuai dengan deskripsi kerja masing-masing di bawah kepemimpinan Kepala Sekolah. Faktor Pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diantaranya adalah; Dukungan dari kepala sekolah untuk melaksanakan kegiatan P5, Adanya media sosial mempermudah komunikasi dengan orang tua siswa, Adanya dukungan dana dari orang tua siswa, Kekompakan tim fasilitator P5 dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program, Adanya komitmen yang baik dari kepala sekolah dan tim fasilitator P5, Adanya SK Fasilitator P5 yang memuat deskripsi tugas sehingga memudahkan pelaksanaan program P5. Sedangkan Faktor penghambatnya diantaranya adalah; dana yang terlalu besar, belum adanya tenaga pendidik khusus yang memahami tentang lingkungan, intensitas kegiatan lingkungan yang semakin berkurang, masih perlunya koordinasi dengan guru, guru kesulitan dalam mengubah mindset siswa untuk peduli terhadap lingkungan hidup, dan kurangnya waktu pelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kebijakan kurikulum Merdeka, Penguatan Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Narto Narto Narto |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 02:45 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 02:45 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3101 |
Actions (login required)
View Item |