PEMBENTUKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD ISLAM NURUL KAROMAH REJOSO KABUPATEN PASURUAN

Suaibah, Khodiatus (2024) PEMBENTUKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD ISLAM NURUL KAROMAH REJOSO KABUPATEN PASURUAN. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (544kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (500kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img] Text (CEK PLAGIASI)
cek plagiasi khodiatus.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan literasi yang rendah membuat anak sekolah dasar tidak gemar membaca sehingga harus ada upaya yang dilakukan sekolah untuk membuat program untuk mengoptimalkan kemampuan literasi anak. Gerakan literasi sekolah diharapkan sebagai solusi pembentukan karakter gemar membaca siswa. SD Islam Nurul Karomah Rejoso telah menerapkan gerakan literasi sekolah untuk membentuk karakter gemar membaca siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembentukan karakter gemar membaca melalui gerakan literasi sekolah di SD Islam Nurul Karomah Rejoso yang dilaksanakan melalui 3 tahap, yaitu: pembiasaaan kegiatan membaca yang menyenangkan di lingkungan sekolah, pengembangan minat baca untuk meningkatkan kemampuan literasi, pelaksanaan pembelajaran berbasis literasi, serta mendeskripsikan karakter gemar membaca siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data diperoleh melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembentukan karakter gemar membaca melalui gerakan literasi sekolah terdiri dari beberapa tahapan diantaranya: pembiasaan kegiatan membaca yang menyenangkan di lingkungan sekolah ditunjukan dengan pembiasaan rutin membaca al-qur’an dan membaca buku di pojok baca. Pengembangan minat baca untuk meningkatkan kemampuan literasi dengan cara program one day one ayat dan one day one book. Pelaksanaan pembelajaran berbasis literasi ditunjukan dengan mengaitkan pojok baca sebagai tempat belajar yang menyenangkan. Siswa di SD Islam Nurul Karomah Rejoso telah berkarakter gemar membaca ditunjukan dengan rasa menyukai membaca buku dan melakukan kegiatan membaca dilaksakanan secara terus menerus. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembentukan karakter gemar membaca melalui gerakan literasi sekolah di SD Islam Nurul Karomah Rejoso sudah berjalan secara optimal karena adanya komitmen dan pola komunikasi yang baik antara kepala sekolah, guru, dan orangtua siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Khodiatus Suaibah Suaibah
Date Deposited: 08 Aug 2024 05:46
Last Modified: 08 Aug 2024 05:46
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3096

Actions (login required)

View Item View Item