KHOIRIYAH, KHOIRIYAH (2024) MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DENGAN MUATAN STEAM BERBAHAN LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA DI TK PKK AL-HIKMAH PANDAAN. Masters thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (01 COVER)
01 COVER.pdf Download (715kB) |
|
Text (02 BAB 1)
02 BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text (03 BAB 2)
03 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
|
Text (04 BAB 3)
04 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
|
Text (05 BAB 4)
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (06 BAB 5)
06 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
|
Text (08 LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
|
Text (10 CEK PLAGIASI)
10. CEK PLAGIASI.pdf Restricted to Registered users only Download (27MB) |
|
Text (11 PERSETUJUAN UNGGAH)
11. PERSETUJUAN UNGGAH.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
Abstract
Pembelajaran Anak Usia Dini Dengan Muatan STEAM Berbahan Loose Parts di TK PKK AL-HIKMAH Pandaan, tesis, Program Pascasarjana Uneversitas Gresik, Program Studi Manajemen Pendidikan, 2024. Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini menghadapi banyak masalah dalam sistem pembelajaran. Seperti halnya ketiadaan daya cipta dan kemajuan tenaga pendidik, serta perangkat permainan edukatif yang kurang menunjang, demikian pula sistem pembelajaran tidak mendorong kemampuan peserta didik untuk berinovasi dan berpikir lebih tinggi. Tujuan penelitian yaitu manajemen pembelajaran, pelaksanaan muatan STEAM berbahan Loose Parts dan dampaknya. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian meliputi sumber primer dan sekunder. Instrumen penelitian, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianilis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan: perencanaan yaitu guru membuat RPPH, selanjutnya dijabarkan pada RPPM, yang disusun dalam bentuk kegiatan pembukaan, inti, dan penutup pada RPPH, mempersiapkan bahan Loose Parts. kegiatan inti sesuai RPPH, kegiatan penutup bercakap- cakap. Penilaian seperti melalui unjuk kerja. Pelaksanaan pembelajaran STEAM berbahan Loose Parts : menerapkan seluruh tahapan bermain dengan memperhatikan strategi bermain, bersih-bersih, menyimpan barang, dan strategi mengembangkan kreativitas anak usia dini, dengan menerapkan prinsip pembelajaran PAUD. Dampak positif termanajemen dengan baik, dampak negatif bahan Loose Parts yang kurang bervariasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran, Anak Usia Dini, STEAM Berbahan Loose Parts |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Khoiriyah . |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 05:46 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 05:46 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3084 |
Actions (login required)
View Item |