fikriyah, ummu (2024) MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI ERA SOCIETY 5.0 (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 4 TOSARI SATU ATAP DAN SMP NEGERI 4 PASREPAN SATU ATAP). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (cover)
COVER.pdf Download (650kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (315kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (CEK PLAGIASI)
cek plagiasi.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
lembar persetujuan.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Peningkatan kompetensi supervisi seorang supervisor (kepala sekolah dan atau pengawas lainnya) tidak hanya bersifat administratif, namun tindakannya harus berkaitan langsung dengan tugas guru dalam memberikan pelayanan dalam proses belajar mengajar, serta mengetahui secara pasti permasalahan yang dimiliki oleh para guru dalam kegiatan pembelajaran. Dalam menjalankan tugas profesionalnya, tentunya seorang kepala sekolah atau pengawas harus memiliki kemampuan untuk menggunakan pendekatan ilmiah yang bertujuan untuk menjamin kegiatan supervisi yang dilakukan secara obyektif dan tepat sasaran, serta menjamin peningkatan kinerja guru. Berdasarkan temuan hasil penelitian dan pembahasan, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa perencanaan layanan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di era society 5.0 melibatkan beberapa langkah yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Evaluasi. Melalui perencanaan yang terstruktur, kepala sekolah dapat memastikan bahwa kekurangan yang ditemukan dalam supervisi akan diperbaiki, sementara kelebihan yang ada akan dipertahankan. Perencanaan yang matang dan tepat serta kolaboratif, layanan supervisi kepala sekolah dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kinerja guru di era Society 5.0. Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di era Society 5.0 menjadi salah satu strategi yang efektif dalam meningkatkan kinerja guru. Melalui supervisi yang dilakukan secara terencana, guru dapat terus mengembangkan diri, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan menghadapi tantangan yang muncul di era yang terus berkembang. Evaluasi supervisi kepala sekolah menjadi kunci dalam meningkatkan kinerja guru melalui evaluasi yang sistematis dan bimbingan yang tepat, guru dapat terus mengembangkan kinerjanyanya, menciptakan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa, dan menghadapi tantangan pendidikan yang semakin kompleks. Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru melali supervise akademik adalah dengan memilih model dan teknik supervise yang tepat dan disesuaikan dengan kondisi sekolah. Model supervise yang digunakan oleh kepala sekolah adalah dengan menggunakan model supervise diferensiasi dan kolaborasi. Dan tehnik yang digunakan adalah kunjungan kelas, observasi kelas, dialog pribadi serta pemilihan berbagai sumber untuk belajar dan yang terakhir adalah menilai diri sendiri. Faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi akademik. Faktor penghambat meliputi; Masih banyaknya para guru SMP Negeri 4 Tosari Satu Atap dan SMP Negeri 4 Pasrepan Satu Atap yang belum linier dengan kualifikasi pendidikan yang dimilki, Guru kurang mempersiapkan pembelajaran, Masalah yang dihadapi kepala sekolah dalam melakukan supervisi terhadap guru yang latar belakangnya tidak sesuai dengan kepala sekolah dan ketidaktepatan waktu atau jadwal supervisi yang ditetapkan oleh kepala sekolah, dan Keterbatasan sarana prasarana dan dukungan masyarakat. Kemudian faktor pendukung meliputi tersedianya media pembelajaran dalam upaya berinovasi sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Ummu Fikriyah Fikriyah |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 01:48 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 01:48 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3071 |
Actions (login required)
View Item |