MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI ERA SOCIETY 5.0 (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 4 TOSARI SATU ATAP DAN SMP NEGERI 4 PASREPAN SATU ATAP)

fikriyah, ummu (2024) MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI ERA SOCIETY 5.0 (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 4 TOSARI SATU ATAP DAN SMP NEGERI 4 PASREPAN SATU ATAP). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (cover)
COVER.pdf

Download (650kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (CEK PLAGIASI)
cek plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
lembar persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan kompetensi supervisi seorang supervisor (kepala sekolah dan atau pengawas lainnya) tidak hanya bersifat administratif, namun tindakannya harus berkaitan langsung dengan tugas guru dalam memberikan pelayanan dalam proses belajar mengajar, serta mengetahui secara pasti permasalahan yang dimiliki oleh para guru dalam kegiatan pembelajaran. Dalam menjalankan tugas profesionalnya, tentunya seorang kepala sekolah atau pengawas harus memiliki kemampuan untuk menggunakan pendekatan ilmiah yang bertujuan untuk menjamin kegiatan supervisi yang dilakukan secara obyektif dan tepat sasaran, serta menjamin peningkatan kinerja guru. Berdasarkan temuan hasil penelitian dan pembahasan, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa perencanaan layanan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di era society 5.0 melibatkan beberapa langkah yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Evaluasi. Melalui perencanaan yang terstruktur, kepala sekolah dapat memastikan bahwa kekurangan yang ditemukan dalam supervisi akan diperbaiki, sementara kelebihan yang ada akan dipertahankan. Perencanaan yang matang dan tepat serta kolaboratif, layanan supervisi kepala sekolah dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kinerja guru di era Society 5.0. Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di era Society 5.0 menjadi salah satu strategi yang efektif dalam meningkatkan kinerja guru. Melalui supervisi yang dilakukan secara terencana, guru dapat terus mengembangkan diri, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan menghadapi tantangan yang muncul di era yang terus berkembang. Evaluasi supervisi kepala sekolah menjadi kunci dalam meningkatkan kinerja guru melalui evaluasi yang sistematis dan bimbingan yang tepat, guru dapat terus mengembangkan kinerjanyanya, menciptakan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa, dan menghadapi tantangan pendidikan yang semakin kompleks. Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru melali supervise akademik adalah dengan memilih model dan teknik supervise yang tepat dan disesuaikan dengan kondisi sekolah. Model supervise yang digunakan oleh kepala sekolah adalah dengan menggunakan model supervise diferensiasi dan kolaborasi. Dan tehnik yang digunakan adalah kunjungan kelas, observasi kelas, dialog pribadi serta pemilihan berbagai sumber untuk belajar dan yang terakhir adalah menilai diri sendiri. Faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi akademik. Faktor penghambat meliputi; Masih banyaknya para guru SMP Negeri 4 Tosari Satu Atap dan SMP Negeri 4 Pasrepan Satu Atap yang belum linier dengan kualifikasi pendidikan yang dimilki, Guru kurang mempersiapkan pembelajaran, Masalah yang dihadapi kepala sekolah dalam melakukan supervisi terhadap guru yang latar belakangnya tidak sesuai dengan kepala sekolah dan ketidaktepatan waktu atau jadwal supervisi yang ditetapkan oleh kepala sekolah, dan Keterbatasan sarana prasarana dan dukungan masyarakat. Kemudian faktor pendukung meliputi tersedianya media pembelajaran dalam upaya berinovasi sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Ummu Fikriyah Fikriyah
Date Deposited: 05 Aug 2024 01:48
Last Modified: 05 Aug 2024 01:48
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3071

Actions (login required)

View Item View Item