STRATEGI IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ( STUDI MULTISITUS DI SMP AL-MIFTAH DAN SMP AS-SABROWIYAH KETAPANG SAMPANG)

Amirudin, Amirudin (2024) STRATEGI IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ( STUDI MULTISITUS DI SMP AL-MIFTAH DAN SMP AS-SABROWIYAH KETAPANG SAMPANG). Other thesis, Universitas Gresik.

[img] Text (01 COVER)
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (02 BAB I)
2. BAB I.pdf

Download (678kB)
[img] Text (03 BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text (04 BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text (05 BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text (06 BAB V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text (07 BAB VI)
7. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text (08 DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (487kB)
[img] Text (09 LAMPIRAN)
9. Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (10 CEK PLAGIASI)
11. Hasil Plagiasi Amirudin 2024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
12. Lembar Persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Amiruddin, 2024. Strategi Implementasi Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP Al-Miftah dan SMP As-Sabrowiyah. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana (S2) Universitas Gresik. Pembimbing: (I). Dr. H. Hermanoadi, M. Si. (II). Dr. Mustakim, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Strategi Implementasi, Merdeka Belajar, Mutu Pendidikan. Merdeka belajar menjadi instrument negara dalam memajukan dan meningkatkan mutu Pendidikan di Indonesia. Secara ketentuan, kurkulum Merdeka belajar wajib diselenggarakan setiap Lembaga Pendidikan yang ada di Indonesia, baik negeri maupun swasta. SMP al-Miftah dan SMP al-Sabrowiyah merupakan Lembaga Pendidikan yang ada di Kabupaten sampang, tepatnya di Kecamatan Ketapang. Sejak tahun kemaren kedua Lembaga tersebut melaksanakan kurikulum Merdeka belajar, sebagai bentuk implementasi aturan yang dibangun oleh pemerintah demi terwujudnya kemajuan Pendidikan di Indonesia. Penelitian ini akan memusatkan pada beberapa fokus penelitian berikut. Pertama; ingin mendeskripsikan gambaran implementasi Merdeka Belajar di SMP Al-Miftah dan SMP As-Sabrowiyah. Kedua; mendeskripsikan perbedaan dan persamaan implementasi Merdeka Belajar antara SMP Al-Miftah dan SMP As-Sabrowiyah. Tiga; Bagaimana Strategi Strategi Implementasi Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp Al-Miftah Dan Smp As-Sabrowiyah. Dalam mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dalam rumusan masalah di atas, peneliti akan menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang meliputi data sekolah dari kedua Lembaga di atas. Diantara data tersebut adalah sturktur sekolah, kurikulum sekolah, siswa kedua Lembaga tersebut, serta para elemen yang terlibat dalam sekolah tersebut dari kedua Lembaga di atas. Sekaligus juga data sekunder sebagai tambahan atas data primer. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Cross-Case. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menghasilkan temuan-temuan sebagai berikut. Pertama; Implementasi Merdeka Belajar di SMP Al-Miftah dan SMP As-Sabrowiyah peningkatan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. SMP Al-Miftah menciptakan lingkungan yang mendidorong untuk mengambil inisiatif dalam merencanakan dan mengevaluasi pembelajaran mereka sendiri. SMP As-Sabrowiyah menekankan pada kemitraan erat antara sekolah, siswa, dan orang tua. Kedua; Perbedaan dalam pendekatan kurikulum, metode pembelajaran, evaluasi, serta dukungan sumber daya dan partisipasi siswa mencerminkan keunikannya masing-masing, sementara persamaannya terletak pada tujuan bersama untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang relevan untuk masa depan yang terus berubah. Analisis ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang bagaimana Merdeka Belajar diimplementasikan di SMP Al-Miftah dan SMP As-Sabrowiyah sesuai dengan konteks dan kebutuhan lokal mereka. Ketiga; Strategi metode pembelajaran pada sekolah SMP Al-Miftah menekankan pada pendekatan pembelajaran berbasis pada inisiatif siswa. Sedangkan SMP As-Sabrowiyah menggunakan metode pembelajaran yang lebih terstruktur namun tetap inklusif terhadap kebutuhan individu siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Implementasi, Merdeka Belajar, Mutu Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Amirudin Amirudin
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:35
Last Modified: 29 Jul 2024 04:35
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3045

Actions (login required)

View Item View Item