PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA KELOMPOK BERMAIN (KB) SUMBER PENDIDIKAN MENTAL AGAMA ALLAH (SPMAA) TUBAN

Prayitno, Yuli (2024) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA KELOMPOK BERMAIN (KB) SUMBER PENDIDIKAN MENTAL AGAMA ALLAH (SPMAA) TUBAN. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01 COVER)
01 COVER.pdf

Download (918kB)
[img] Text (02 BAB I)
02 BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text (03 BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text (04 BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text (05 BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text (06 BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text (08 LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (09 PLAGIASI)
09 PLAGIASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] Text (10 LEMBAR PERSETUJUAN)
10 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)

Abstract

Peran orang tua dengan guru merupakan suatu usaha atau kegiatan bersama dalam mencapai tujuan bersama yaitu untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini di KB SPMAA Tuban. Kemandirian anak merupakan kemampuan anak untuk melakukan kegiatan dan tugas sehari-hari sendiri atau dengan sedikit bimbingan, sesuai dengan tahap kerkembangannya. Metode penelitian ini adalah kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemandirian anak melalui peran antara guru dan orangtua dengan menggunakan subyek guru, orangtua dan 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data peneliti menggunakan 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahaan data menggunakan triangulasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru dan orangtua dalam mengembangkan kemadirian siswa di Kelompok Bermain SPMAA Tuban belum dilaksanakan dengan optimal. Dari pengamatan jumlah 14 siswa terdapat 9 siswa berani meminta maaf saat melakukan kesalahan , 8 siswa sudah dapat melakukan sesuatu sendiri,- 12 siswa sudah bisa mewarnai sendiri , 12 siswa sudah bisa menulis sendiri dan 11 siswa tidak menangis saat tidak ditunggui orangtua . Adapun peran yang dilakukan orangtua dan guru dalam mengembangkan kemandirian anak yaitu bekerjasama berupaya dengan cara : (1) menghadiri acara pertemuan sebelum pulang sekolah , (2) Berpartisipasi saat sedang mengadakan kegiatan , (3) Membantu belajar anak selama di rumah

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran guru dan orangtua, perkembangan kemandirian siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Yuli Prayitno
Date Deposited: 29 Jul 2024 01:52
Last Modified: 29 Jul 2024 01:52
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3011

Actions (login required)

View Item View Item