Prayitno, Yuli (2024) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA KELOMPOK BERMAIN (KB) SUMBER PENDIDIKAN MENTAL AGAMA ALLAH (SPMAA) TUBAN. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (01 COVER)
01 COVER.pdf Download (918kB) |
|
Text (02 BAB I)
02 BAB I.pdf Download (128kB) |
|
Text (03 BAB II)
03 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
Text (04 BAB III)
04 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text (05 BAB IV)
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text (06 BAB V)
06 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
|
Text (08 LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (09 PLAGIASI)
09 PLAGIASI.pdf Restricted to Registered users only Download (21MB) |
|
Text (10 LEMBAR PERSETUJUAN)
10 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
Abstract
Peran orang tua dengan guru merupakan suatu usaha atau kegiatan bersama dalam mencapai tujuan bersama yaitu untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini di KB SPMAA Tuban. Kemandirian anak merupakan kemampuan anak untuk melakukan kegiatan dan tugas sehari-hari sendiri atau dengan sedikit bimbingan, sesuai dengan tahap kerkembangannya. Metode penelitian ini adalah kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemandirian anak melalui peran antara guru dan orangtua dengan menggunakan subyek guru, orangtua dan 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data peneliti menggunakan 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahaan data menggunakan triangulasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru dan orangtua dalam mengembangkan kemadirian siswa di Kelompok Bermain SPMAA Tuban belum dilaksanakan dengan optimal. Dari pengamatan jumlah 14 siswa terdapat 9 siswa berani meminta maaf saat melakukan kesalahan , 8 siswa sudah dapat melakukan sesuatu sendiri,- 12 siswa sudah bisa mewarnai sendiri , 12 siswa sudah bisa menulis sendiri dan 11 siswa tidak menangis saat tidak ditunggui orangtua . Adapun peran yang dilakukan orangtua dan guru dalam mengembangkan kemandirian anak yaitu bekerjasama berupaya dengan cara : (1) menghadiri acara pertemuan sebelum pulang sekolah , (2) Berpartisipasi saat sedang mengadakan kegiatan , (3) Membantu belajar anak selama di rumah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru dan orangtua, perkembangan kemandirian siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Yuli Prayitno |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 01:52 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 01:52 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/3011 |
Actions (login required)
View Item |