ROWI, ISNAWATI (2024) MANAJEMEN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR (STUDI MULTISITUS DI SDN BAUJENG II DAN SDN BEJI II KECAMATAN BEJI KABUPATEN PASURUAN). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (01 COVER)
Cover.pdf Download (542kB) |
|
Text (02 BAB 1)
BAB I.pdf Download (129kB) |
|
Text (03 BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
Text (04 BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
|
Text (05 BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
|
Text (06 BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
Text (07 BAB 6)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
Text (08 LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (09 DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (43kB) |
|
Text (11 PLAGIASI)
Cek Plagiasi.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
|
Text (12 PERSETUJUAN)
FILE KARTU BIMBINGAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu upaya penting dalam pendidikan dasar untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka, sekolah memiliki fleksibilitas lebih dalam merancang dan mengimplementasikan program yang relevan dan kontekstual. Namun, manajemen proyek penguatan profil ini menghadapi berbagai tantangan, termasuk koordinasi yang efektif, penggunaan teknologi, dan keterlibatan semua pihak terkait. Di SDN Baujeng II dan SDN Beji II Pasuruan, penerapan Kurikulum Merdeka dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila menjadi fokus utama untuk mengevaluasi bagaimana manajemen proyek dapat mendukung pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis manajemen proyek penguatan profil Pelajar Pancasila di SDN Baujeng II dan SDN Beji II Pasuruan, serta mengidentifikasi dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi multisitus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Partisipan penelitian meliputi kepala sekolah, dan guru di kedua sekolah tersebut. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif untuk mendapatkan gambaran mendalam mengenai manajemen proyek dalam penguatan profil pelajar Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi manajemen projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SDN Baujeng II dan SDN Beji II dilakukan dengan tujuan untuk menyelaraskan dan memfasilitasi pelaksanaan kurikulum yang bertujuan untuk menguatkan pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila pada siswa. 2) Faktor-faktor pendukung meliputi dukungan masyarakat, kompetensi tenaga pendidik, dan sumber daya yang memadai serta peran teknologi. Di sisi lain, faktor penghambat termasuk tantangan dalam pengorganisasian waktu, perubahan kebijakan, dan keterbatasan sumber daya. Dengan memahami dan mengelola faktor-faktor ini, proyek ini dapat berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Proyek, Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Rowi Isnaw Rowi Isnawati Rowi Isnawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 02:04 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 02:12 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2969 |
Actions (login required)
View Item |