Shobirin, Muhammad (2024) INTENSITAS BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK SD BISMA DUA SURABAYA. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (01 Cover)
1. Cover.pdf Download (488kB) |
|
Text (02 BAB 1)
2. BAB 1.pdf Download (231kB) |
|
Text (03 BAB 2)
3. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
|
Text (04 BAB 3)
4. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
Text (05 BAB 4)
5. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
|
Text (06 BAB 5)
6. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
Text (07 BAB 6)
7. BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
|
Text (08 Daftar Pustaka)
8. Daftar Pustaka.pdf Download (213kB) |
|
Text (09 Lampiran)
9. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (10 Hasil Plagiasi)
11. Hasil Plagiasi.pdf Restricted to Registered users only Download (22MB) |
|
Text (11 Lembar Persetujuan)
12. Lembar persetujuan.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kecerdasan emosional dimaknai sebagi bentuk kecerdasan yang lebih mengarahkan pada objek-objek fenomena kedirian (inward looking), seperti menata pergaulan hidup, pengendalian emosi, dan eksistensi hidup manusia secara fenomena. Dalam membangun budaya religius sekolah yakni menciptakan suasana religi bagi peserta didik dapat dilakukan dengan pembiasaan. Pembiasaan-pembiasaan dilakukan peserta didik beserta seluruh warga sekolah, misalkan pembiasaan salat berjamaah baik pada saat salat wajib maupun sunnah. Di sini peserta didik beserta seluruh warga sekolah melaksanakan salat secara berjmaah sehingga sistem yang terbentuk adalah semua kegiatan sekolah akan berhenti ketika dilaksanakan kegiatan salat berjamaah. Teknik pengumpulan data denga wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif deskriptif yang memamaparkan budaya religius yang ada di SD Bisma Dua Surabaya, kecerdasan emosional peserta didiknya. Kegiatan dalam budaya religius di SD Bisma Dua Surabaya adalah senyum, sapa dan salam, salat dhuha berjamaah, salat dhuhur dan ashar berjamaah, membaca Al Quran, tahfidz Al Quran, Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT), berdoa sebelum dan sesudah belajar, Infak dan makan bersama. Kegiatan budaya religius yang ada di SD Bisma Dua Surabaya memberi kontribusi yang penting terhadap perkembangan kecerdasan religius peserta didiknya. Peserta didik di kelas reguler memiliki ciri kecerdasan emosioanlnya, demikian kecerdasan emosional di kelas unggulan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intensitas, budaya religius, kecerdasan emosional, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Muhammad Shobirin |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 01:53 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 01:53 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2950 |
Actions (login required)
View Item |