STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA ( Studi Kasus pada MI Ma'arif NU Manba'ur Rohmah Sumber Kembangan Kebomas Gresik )

Imamah, Nuzulul (2024) STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA ( Studi Kasus pada MI Ma'arif NU Manba'ur Rohmah Sumber Kembangan Kebomas Gresik ). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (COVER)
01 Cover.pdf

Download (534kB)
[img] Text (BAB 1)
02 Bab 1.pdf

Download (197kB)
[img] Text (BAB 2)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text (BAB 3)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text (BAB 4)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text (BAB 5)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (CEK PLAGIASI)
11 Cek Plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39MB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
12 Lembar Persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)

Abstract

Pendidikan memungkinkan individu mengembangkan potensi diri, bakat dan minat secara optimal. Pendidikan yang bermutu memberikan konstribusi pada pembangunan nasional, Permasalahan pendidikan diantaranya daya saing mutu pendidikan di sekolah memerlukan strategi sebagai perencanaan agar tujuan pendidikan di sekolah dapat tercapai. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan strategi perencanaan peningkatan mutu sekolah, Menganalisa strategi kepala sekolah, dan Mengevaluasi program - program dalam meningkatkan mutu sekolah melalui program pengembangan yang dilakukan disekolah khususnya melalui program bakat dan minat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan deskriptif dan jenis studi kasus dengan mengambil sample pada MI Ma’arif NU Manba’ur Rohmah, dengan landasan teori strategi peningkatan mutu sekolah adalah cara atau upaya pendekatan yang dilakukan dalam menyusun langkah – langkah perencanaan peningkatan mutu sekolah sehingga tujuan sekolah dapat tercapai sesuai tujuannya. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti meliputi sejarah dan profil sekolah, keadaan sekolah, visi misi dan tujuan sekolah serta beberapa temuan penelitian berupa fakta dan dokumentasi, wawancara dan data dokumen. Hasil penelitian mendeskripsikan (1) proses perencanaan peningkatan mutu sekolah yaitu dengan membuat perencanaan program sekolah yang mengacu pada visi, misi, dan tujuan sekolah, (2) menganalisa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah melalui program kegiatan pengembangan sekolah diantaranya program unggulan dan program pengembangan potensi siswa melalui pengembangan bakat dan minat siswa dalam bentuk kegiatan ektrakulikuler (3) hasil dari kegiatan bakat dan minat siswa, (4) kendala yang dihadapi yaitu karakter dan potensi siswa, pembiayaan yang kurang maksimal (5) solusi dari kendala tersebut dengan memberikan fasilisatas program unggulan sekolah dan kegiatan ekstrakulikuler serta menjalin kerjasama dengan pihak lain dan dukungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Nuzulul Imamah
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:03
Last Modified: 24 Jul 2024 03:03
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2929

Actions (login required)

View Item View Item