Rofi'ah, Ana Minkhatur (2024) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU LULUSAN (Studi Multisitus Di SMP Al Kautsar Baureno Bojonegoro dan SMP Baitul Muttaqin Kedungadem Bojonegoro). Other thesis, Universitas Gresik.
Text (01 COVER)
01 cover.pdf Download (4MB) |
|
Text (02 BAB 1)
02 Bab 1.pdf Download (226kB) |
|
Text (03 BAB 2)
03 Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
Text
04 Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
|
Text (04 BAB 3)
04 Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
|
Text (05 BAB 4)
05 Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
|
Text (06 BAB 5)
06 Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
|
Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Download (208kB) |
|
Text (08 LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (10 CEK PLAGIASI)
10. Cek plagiasi.pdf Restricted to Registered users only Download (32MB) |
|
Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
11 Lembar Persetujuan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan bermutu dihasilkan oleh proses yang bermutu. Melalui pembentukan atau pengembangan nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan menjadi pribadi yang unggul akan menghasilkan mutu lulusan yang unggul. Untuk menghasilkan mutu lulusan yang berkarakter unggul dibutuhkan manajemen, baik perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan: (1) konsep mutu pendidikan karakter yang dikembangkan di SMP Al-Kautsar Baureno Bojonegoro dan SMP Baitul Muttaqin Kedungadem Bojonegoro, (2) perencanaan, pelaksanaan, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan karakter dalam mewujudkan mutu lulusan di SMP Al-Kautsar Baureno Bojonegoro dan SMP Baitul Muttaqin Kedungadem Bojonegoro, (3) implikasi manajemen pendidikan karakter dalam mewujudkan lulusan di SMP Al-Kautsar Baureno Bojonegoro dan SMP Baitul Muttaqin Kedungadem Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi multisitus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara, (2) observasi partisipan, (3) dokumentasi. Data dianalisis dengan conclusion. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) konsep mutu pendidikan yang berkarakter adalah: (a) mutu pendidikan berkarakter akademik excellent dan religius awarness, (b) nilai-nilai akademik excellent, nilai kejujuran, kedisiplinan, tanggungjawab, komunikatif, kontrol diri, dan nilai-nilai religius awarness,nilai: religius, Ikhlas, keteladanan, mencintai kebaikan, (c) menggunakan prinsip keterpaduan moral knowing, moral feeling, dan moral action melalui pendekatan keteladanan dan pendekatan sistem; (2) perencanaan pendidikan karakter dilandasi model yang sistematik-integratif. Pelaksanaannya menggunakan habitualisasi (pembiasaan), personifikasi,model keteladanan perilaku seseorang (role model),pengintegrasian kegiatan dan program ekstrakurikuler,intra dan ko-kurkuler dan pembentukan lingkungan yang kondusif. Pengawasan menggunakan manajemen kontrol internal melalui tata tertib dan buku attitude, dan eksternal melalui home visit; (3) implikasinya bagi kebijakan sekolah berupa kurikulum berbasis karakter, perangkat proses pembiasaan dan target pencapaian; sistem manajemen excellent dan religius awarness; memiliki kesadaran mewujudkan nilai-nilai karakter mutu; beriman dan taqwa,mencintai ilmu pengetahuan,beramal shaleh,percaya diri, berbudi pekerti yang luhur,dan berkontribusi bagi masyarakat,sesuai harapan,kepuasan,kebanggaan dan kepercayaan masyarakat. Kata kunci: manajemen pendidikan karakter, mutu lulusan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen pendidikan karakter, mutu lulusan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Ana Minkhatur Rofiāah |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 01:32 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 01:32 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2917 |
Actions (login required)
View Item |