Dahniar Ichwan, Dahniar (2024) OPTIMALISASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DARI UNSUR GURU PENGGERAK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU ( STUDI MULTI SITUS SMPN 4 PASREPAN SATU ATAP DAN SMPN 1 BANGIL). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (01. COVER)
1. COVER.pdf Download (626kB) |
|
Text (02. BAB I)
2. BAB I.pdf Download (179kB) |
|
Text (03. BAB II)
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) |
|
Text (04. BAB III)
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
|
Text (05. BAB IV)
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
|
Text (06. BAB V)
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text (07. DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text (08. LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
Text (11. LEMBAR PERSETUJUAN)
11. Lembar Persetujuan S2 Unggah Karya Ilmiah.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) |
|
Text (10. CEK PLAGIASI)
10. HASIL PLAGIASI TESIS DAHNIAR ICHWAN 2024.pdf Restricted to Registered users only Download (27MB) |
Abstract
Dahniar Ichwan, 2024. Optimalisasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dari Unsur Guru Penggerak dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Multi Situs SMPN 4 Pasrepan Satu Atap). Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana (S2) Universitas Gresik. Pembimbing: (I) Dr. Suyitno, S.E., M.Pd., (II) Dr. Mustakim, S.Pd., M.Pd. Kebijakan Kementerian Pendidikan tentang Guru Penggerak dalam menerapkan Merdeka Belajar merupakan wujud usaha pemerintah guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan proses dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan sosok pemimpin yang bisa memberikan pemahaman dan pendampingan agar kinerja Guru bisa meningkat sesuai dengan kondisi Pembelajaraan saat ini. Kondisi awal pemahaman guru di SMP Negeri 4 Pasrepan Satu Atap dan SMP Negeri 1 Bangil Kabupaten Pasuruan belum memahami makna dan konsep dari Merdeka Belajar seperti yang diharapkan saat ini sehingga perlu adanya sosok pemimpin yaitu seorang Kepala Sekolah dari unsur Guru Penggerak agar dapat meningkatkan Kinerja Guru khususnya dalam penerapan Kurikulum Merdeka saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui ciri-ciri Kepemimpinan Kepala Sekolah dari Unsur Penggerak dalam meningkatkan kinerja guru, 2) melihat dampak dari kepemimpinan Kepala Sekolah dari Unsur guru penggerak bagi SMP Negeri 4 Pasrepan Satu Atap dan SMP Negeri 1 Bangil Kabupaten Pasuruan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi multisitus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah dari unsur Guru Penggerak di SMP Negeri 4 Pasrepan Satu Atap dan SMP Negeri 1 Bangil Kabupaten Pasuruan telah memiliki kemampuan menetapkan tujuan, memanfaatkan sumber daya strategis, mampu membantu perencanaan dan evaluasi pengajaran, mempromosikan satuan pendidikan dan berpartisipasi dalam pembelajaran serta pengembangan guru dan memastikan lingkungan yang mendukung pengembangan guru, 2) kepemimpinan Kepala Sekolah dari Unsur Guru Penggerak dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 4 Pasrepan Satu Atap dan SMP Negeri 1 Bangil Kabupaten Pasuruan berdampak baik dari dalam maupun dari luar. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru Penggerak, Kinerja Guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru Penggerak, Kinerja Guru, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Dahniar Ichwan Ichwan |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 07:13 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 07:13 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2903 |
Actions (login required)
View Item |