Alim, Samsul (2024) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS ASWAJA (STUDI MULTIKASUS DI MTS BUSTANUS SYUBBAN DAN SMPAL-MIFTAH KETAPANG SAMPANG). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (1- Cover)
1 Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (2- BAB I)
2 BAB I.pdf Download (191kB) |
|
Text (3-BAB II)
3 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
|
Text (4-BAB III)
4 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
Text (5-BAB IV)
5 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
Text (6-BAB V)
6 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
Text (7-BAB VI)
7 BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
|
Text (8- DAFTAR PUSTAKA)
8 Daftar Pustaka.pdf Download (183kB) |
|
Text (9- LAMPIRAN)
9 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (11- CEK PLAGIASI)
11 Cek Plagiasi.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
|
Text (12- LEMBAR PERSETUJUAN)
12 Lembar Persetujuan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Samsul Alim, 2024. Manajemen Pembelajaran Berbasis Ahlussunah Waljamaah an- Nahdhiyah (Studi Multikasus di MTS Bustanus Syubban dan SMP AL-Miftah Ketapang Sampang). Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana (S2) Universitas Gresik. Pembimbing: (I) Dr. Suyitno, M. Pd. (II). Dr. Ahmad Tohirin, M.Pd Kata Kunci: Manajemen Pembelejaran, Berbasis Ahlussunnah Waljamaah, al- Nahdhiyah. Penelitian ini akan memusatkan pada Manajemen Pembelajaran Berbasis Aswaja di MTS Bustanus Syubban dan SMP AL-Miftah Ketapang Sampang masih menghadapi beberapa tantangan. Hal tersebut, karena Lembaga Pendidikan disana berbasis pesantren ala Nahdhatul Ulama’. Dalam pelaksanaan manajemen keaswajaan menjadi bagian penting dalam meningkatkan kekuatan akidah, syariah, nilai dan moral para peserta didik. Tiga hal yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini. Pertama; Bagaimana Implementasi Manajemen Pembelajaran Berbasis Aswaja di MTS Bustanus Syubban dan SMP AL-Miftah Ketapang Sampang?. Kedua: Apa Tantangan yang Dihadapi dalam Menerapkan Manajemen Pembelajaran Berbasis Aswaja di MTS Bustanus Syubban dan SMP AL-Miftah Ketapang Sampang?. Ketiga: Bagaimana Partisipasi dan Persepsi Stakeholder (Guru, Siswa, Orang Tua) terhadap Manajemen Pembelajaran Berbasis Aswaja di MTS Bustanus Syubban dan SMP AL-Miftah Ketapang Sampang?. Untuk mendapatkan hasil dari tiga fokus tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua; yaitu analisis naratif dan analisis crose case. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama: Implementasi Manajemen Pembelajaran Berbasis Aswaja di MTS Bustanus Syubban dan SMP Al-Miftah Ketapang Sampang dilakukan dengan cara terus melakukan pengembangan kurikulum berbasis aswaja dengan menjadikan aswaja an-Nahdiyah sebagai tolak ukur dari kurikulum tersebut. Kedua; strategi yang digunakan untuk mengahadapi tantangan dalam penerapan Manajemen Pembelajaran Berbasis Aswaja adalah melakukan pengembangan sumber daya manusia, melakukan penyesuaian kurikulum agar terus seimbang dengan perkembangan zaman, mengintegrasikan nilai aswaja dan akademik, menginternalisasi agar terjadi keseimbangan antara teori dan praktik, serta adanya respon terhadap kebutuhan siswa dan lingkungan. Ketiga; Partisipasi dan Persepsi Stakeholder (Guru, Siswa, Orang Tua) terhadap Manajemen Pembelajaran Berbasis Aswaja di MTS Bustanus Syubban dan SMP AL-Miftah Ketapang Sampang telah menunjukkan dukungannya terhadap kurikulum pendidikan berbasis aswaja.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelejaran, Berbasis Aswaja. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | SAMSUL ALIM |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 04:41 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 04:41 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2885 |
Actions (login required)
View Item |