Wardana, Aris Wisnu (2024) IMPLEMENTASI PERENCANAAN BERBASIS DATA DALAM MENINGKATKAN CAPAIAN RAPOR PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (STUDI MULTI KASUS DI SMKN PALANG TUBAN DAN SMKN 2 TUBAN). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (01 COVER)
0 Cover.pdf Download (774kB) |
|
Text (02 BAB 1)
01 Bab 1 TESIS.pdf Download (229kB) |
|
Text (03 BAB 2)
02 Bab 2 TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (04 BAB 3)
03 Bab 3 TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
Text (05 BAB 4)
04 Bab 4 TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (06 BAB 5)
05 Bab 5 TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text (07 BAB 6)
06 Bab 6 TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text (08 DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Download (157kB) |
|
Text (09 LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
Text (11 CEK PLAGIASI)
08 Cek Plagiasi 28%.pdf Restricted to Registered users only Download (22MB) |
|
Text (12 LEMBAR PERSETUJUAN)
11. Lembar Persetujuan S2 Unggah Karya Ilmiah-Aris Wisnu Wardana.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Satuan Pendidikan dapat melakukan pengelolaan untuk menghasilkan bentuk intervensi yang tepat dalam hal perbaikan capaian pendidikan yang berkesinambungan. Bentuk pengelolaan tersebut berupa Perencanaan Berbasis Data (PBD) yang terdiri dari identifikasi, refleksi, dan benahi atau disingkat IRB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Capaian Rapor Pendidikan, Tahapan PBD, Implementasi PBD dalam Meningkatkan Capaian Rapor Pendidikan, serta tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikannya di Sekolah Menengah Kejuruan. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskrptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu (1) subjek atau informan kunci (key informants) sebagai data primer, (2) dokumen yang relevan dengan fokus penelitian sebagai data sekunder. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi serta dengan menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, sehingga datanya jenuh. Kegiatan analisis data dilaksanakan dengan: data reduction; data display; conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian, Implementasi PBD yang sudah dilaksanakan kedua lembaga terbukti menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Beberapa tantangan yang dihadapi kedua lembaga, diantaranya: kurangnya pemahaman terhadap PBD, keterbatasan sumber daya, perubahan budaya dan resistensi perubahan, terbatasnya waktu, serta keberagaman data.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | ARIS WISNU WARDANA |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 04:05 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 04:05 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2874 |
Actions (login required)
View Item |