INAYAH, ULFA LAILATUL (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (STUDI MULTI SITUS PADA SDN SUSUKANREJO 1 DAN SDN KARANGSENTUL DI KABUPATEN PASURUAN). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (01 COVER)
01. COVER.pdf Download (938kB) |
|
Text (02 BAB 1)
02. BAB 1.pdf Download (149kB) |
|
Text (03 BAB 2)
03. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
Text (04 BAB 3)
04. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text (05 BAB 4)
05. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
|
Text (06 BAB 5)
06. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
|
Text (07 DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
Text (08 LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
|
Text (10 CEK PLAGIASI)
10. CEK PLAGIASI.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
|
Text (11 LEMBAR PERSETUJUAN)
11. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Sekolah penggerak merupakan lembaga pendidikan yang menekankan peningkatan prestasi siswa secara menyeluruh, dengan fokus pada pengembangan profil Pelajar Pancasila yang melibatkan kompetensi kognitif dan non kognitif. Sekolah penggerak juga berperan sebagai pendorong untuk menciptakan karakter pelajar pancasila yang utama dan SDM yang berkualitas. Hal tersebut dapat membantu guru meningkatkan mutu pembelajaran siswa. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi program sekolah penggerak dalam meningkatkan mutu pembelajaran (studi multi sitsus pada SDN Susukanrejo 1 dan SDN Karangsentul di Kabupaten Pasuruan). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah terdiri dari kepala sekolah beserta perwakilan dewan guru. Data yang diperoleh merupakan hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa implementasi program sekolah penggerak dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa di SDN Susukan rejo 1 yaitu, secara umum telah berjalan dengan baik meskipun ada beberapa hal yang belum maksimal. Upaya yang dilakukan meliputi penguatan SDM melalui pelatihan, pendampingan, dan IHT. Pembelajaran menerapkan paradigma baru 60% di kelas dan 40% di luar kelas dengan memanfaatkan sumber belajar beragam. Digitalisasi dilakukan dengan memanfaatkan teknologi untuk mengurangi penggunaan kertas dan media pembelajaran. Faktor pendukung adalah SDM yang kompeten serta dukungan pemerintah pusat dan daerah berupa bantuan dana, pendampingan, pelatihan, dan sarana-prasarana. Kendala yang dihadapi adalah kekurangan pembiayaan sehingga hanya proyek-proyek penting yang dapat dilaksanakan secara menyeluruh. Sedangkan implementasi program sekolah penggerak dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa di SDN Karangsentul yaitu, telah berjalan baik meskipun ada beberapa hal yang belum maksimal. Upaya yang dilakukan meliputi penguatan SDM melalui IHT, komunitas belajar, PMM, dan KKG. Pembelajaran menerapkan paradigma baru dengan menyesuaikan karakteristik siswa dan kearifan lokal seperti pembelajaran luar kelas, memanfaatkan guru kunjung/wali murid, dan alam sekitar. Digitalisasi dengan memanfaatkan Chromebook, laptop, LCD, dan sosialisasi ANBK. Faktor pendukungnya adalah SDM muda berkualifikasi S1 dan menguasai IT, dukungan masyarakat, serta sarana prasarana memadai. Kendalanya ada beberapa wali murid dan siswa yang kurang memahami kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Sekolah Penggerak, Mutu Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Ulfa Lailatul Inayah |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 01:54 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 01:54 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2839 |
Actions (login required)
View Item |