ROHMAH, SITI (2024) Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Studi multi situs di TKKartika IX-42 dan TK Darussalam Kabupaten Pasuruan). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (COVER TESIS)
01. Cover Tesis.pdf Download (294kB) |
|
Text (BAB 1)
02. Bab 1.doc.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB 2)
03. Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
|
Text (BAB 3)
04. Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
Text (BAB 4)
05. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
Text (BAB 5)
06. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf Download (14kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
lampiran-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (739kB) |
|
Text (CEK PLAGIASI)
09. Cek plagiasi Tesis Siti Rohmah.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
lembar persetujuan .pdf Restricted to Registered users only Download (822kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis manajemen pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di TK Kartika IX-42 dan TK Darussalam Kabupaten Pasuruan. Pendidikan karakter adalah upaya yang sangat penting dalam membentuk kepribadian anak sejak usia dini. Mengintegrasikan kearifan lokal dalam pendidikan karakter memberikan nuansa unik dan relevan yang dapat memperkuat nilai-nilai budaya setempat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua TK tersebut memiliki strategi yang sama dan efektif dalam mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam kurikulum pendidikan karakter. Di TK Kartika IX-42 dan TK Darussalam pendekatan yang digunakan adalah melalui kegiatan sehari-hari seperti permainan tradisional dan cerita rakyat yang sarat dengan nilai moral dan mengintegrasikan kearifan lokal melalui kegiatan keagamaan dan kebudayaan yang rutin diadakan, seperti perayaan hari-hari besar keagamaan dan budaya lokal. Manajemen pendidikan karakter di kedua TK ini juga melibatkan peran aktif dari orang tua dan masyarakat sekitar. Mereka dilibatkan dalam berbagai kegiatan sekolah yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter kepada anak-anak. Kendala dalam pelaksanaan manajemen pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di TK Kartika IX-42 dan TK Darussalam di Kabupaten Pasuruan yakni diantaranya : 1)Keterbatasan Sumber Daya. 2) Minimnya Dukungan Orang Tua. 3)Keragaman kearifan lokal. Namun semua kendala dapat diatasi dengan solusi yang ditawarkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi kearifan lokal dalam pendidikan karakter memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter anak di kedua TK tersebut. Selain itu, pendekatan yang berbasis kearifan lokal juga meningkatkan rasa kebanggaan dan kecintaan anak terhadap budaya dan tradisi daerah mereka.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Siti Rohmah Rohmah |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 05:51 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 05:52 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2810 |
Actions (login required)
View Item |