MANAJEMEN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI TK NEGERI PEMBINA DAN TK DWP I KECAMATAN GONDANGWETAN

Taukhida, ika (0224) MANAJEMEN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI TK NEGERI PEMBINA DAN TK DWP I KECAMATAN GONDANGWETAN. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (COVER)
01. Cover.pdf

Download (321kB)
[img] Text (BAB I)
02. Bab I.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB II)
03. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text (BAB III)
04. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text (BAB IV)
05. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text (BAB V)
06. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB)
[img] Text (LAMPIRAN TESIS)
09. Lampiran Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (HASIL PLEGIASI IKA TAUKHIDA)
11. Hasil Plagiasi ika taukhida.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN S2 UNGGAH KARYA ILMIYAH MAHASISWA)
12. Lembar Persetujuan S2 Unggah Karya Ilmiah Mahasiswa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen lingkungan sekolah berperan dalam pembentukan karakter anak di TK Negeri Pembina dan TK DWP I Kecamatan Gondangwetan. Lingkungan sekolah yang dimaksud mencakup aspek fisik, sosial, dan budaya yang ada di sekolah. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus di TK Negeri Pembina dan TK DWP I Kecamatan Gondangwetan. hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan fisik yang bersih, aman, dan nyaman sangat mendukung proses pembelajaran dan pembentukan karakter anak. selain itu, interaksi sosial yang positif antara guru, siswa, dan orang tua juga memainkan peran penting dalam memerankan nilai nilai seperti disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama.Budaya sekolh yang mengedepankan nilai nilai morl dan etika seperti kejujuran, kemandirian, dan saling menghormati juga terbukti efektif dalam membentik karakter anak. Penerapan manejemen lingkungan sekolah yang baik melibatkan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang konsisten serta evaluasi berkelanjutan. Keterlibatan seluruh pihak, termasuk guru,staf sekolah, orang tua, dan masyarakat sekitar, sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan karakter anak. hasil manejemen lingkungan sekolah dalam membentuk karakter anak di TK Negeri Pembina dan TK DWP I Kecamatan Gondangwetan dapat terlihat pada berbagai aspek perkembangan positif yang dialami oleh anak anak.Bbeberapa hasil positif tersebut meliputi peningkatan kesadaran sosial dan emosional.Anal anak menunjukkan peningkatan kemampuan dalam berinteraksi dengan teman sebaya dan guru, serta mampu mengelola emosi mereka dengan lebih baik. Meka belajar tentang empati, kerjasama dan cara menyesuaikan konflik secara konstruktif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa manajemen lingkungan sekolah yang efeltif memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter anak di TK Negeri Pembina dan TK DWP I Kecamatan Gondangwetan. Implementasi yang baik dari manajemen lingkungan sekolah dapat membantu menciptakan generasi yang berkarakter kuat dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Lingkungan Sekolah, Pendidikan Karakter, TK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Ika Taukhi Ika Taukhida Ika Taukhida
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:31
Last Modified: 22 Jul 2024 04:31
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2798

Actions (login required)

View Item View Item