Taukhida, ika (0224) MANAJEMEN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI TK NEGERI PEMBINA DAN TK DWP I KECAMATAN GONDANGWETAN. Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (COVER)
01. Cover.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB I)
02. Bab I.pdf Download (218kB) |
|
Text (BAB II)
03. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
Text (BAB III)
04. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text (BAB IV)
05. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
Text (BAB V)
06. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf Download (126kB) |
|
Text (LAMPIRAN TESIS)
09. Lampiran Tesis.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (HASIL PLEGIASI IKA TAUKHIDA)
11. Hasil Plagiasi ika taukhida.pdf Restricted to Registered users only Download (21MB) |
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN S2 UNGGAH KARYA ILMIYAH MAHASISWA)
12. Lembar Persetujuan S2 Unggah Karya Ilmiah Mahasiswa.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen lingkungan sekolah berperan dalam pembentukan karakter anak di TK Negeri Pembina dan TK DWP I Kecamatan Gondangwetan. Lingkungan sekolah yang dimaksud mencakup aspek fisik, sosial, dan budaya yang ada di sekolah. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus di TK Negeri Pembina dan TK DWP I Kecamatan Gondangwetan. hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan fisik yang bersih, aman, dan nyaman sangat mendukung proses pembelajaran dan pembentukan karakter anak. selain itu, interaksi sosial yang positif antara guru, siswa, dan orang tua juga memainkan peran penting dalam memerankan nilai nilai seperti disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama.Budaya sekolh yang mengedepankan nilai nilai morl dan etika seperti kejujuran, kemandirian, dan saling menghormati juga terbukti efektif dalam membentik karakter anak. Penerapan manejemen lingkungan sekolah yang baik melibatkan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang konsisten serta evaluasi berkelanjutan. Keterlibatan seluruh pihak, termasuk guru,staf sekolah, orang tua, dan masyarakat sekitar, sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan karakter anak. hasil manejemen lingkungan sekolah dalam membentuk karakter anak di TK Negeri Pembina dan TK DWP I Kecamatan Gondangwetan dapat terlihat pada berbagai aspek perkembangan positif yang dialami oleh anak anak.Bbeberapa hasil positif tersebut meliputi peningkatan kesadaran sosial dan emosional.Anal anak menunjukkan peningkatan kemampuan dalam berinteraksi dengan teman sebaya dan guru, serta mampu mengelola emosi mereka dengan lebih baik. Meka belajar tentang empati, kerjasama dan cara menyesuaikan konflik secara konstruktif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa manajemen lingkungan sekolah yang efeltif memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter anak di TK Negeri Pembina dan TK DWP I Kecamatan Gondangwetan. Implementasi yang baik dari manajemen lingkungan sekolah dapat membantu menciptakan generasi yang berkarakter kuat dan siap menghadapi tantangan masa depan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Lingkungan Sekolah, Pendidikan Karakter, TK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Ika Taukhi Ika Taukhida Ika Taukhida |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 04:31 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 04:31 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2798 |
Actions (login required)
View Item |