MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU MENGAJAR GURU SDN DI KECAMATAN REMBANG (Studi multi situs di SDN Pekoren 1 dan SDN Mojoparon Rembang)

,, Sobirin (2024) MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU MENGAJAR GURU SDN DI KECAMATAN REMBANG (Studi multi situs di SDN Pekoren 1 dan SDN Mojoparon Rembang). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (COVER)
01. Cover Tesis fix.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB I)
02. Bab 1.pdf

Download (85kB)
[img] Text (BAB II)
03. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text (BAB III)
04. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text (BAB IV)
05. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text (BAB V)
06. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. Daftar Pustaka.pdf

Download (19kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text (CEK PLAGIASI)
11. Cek Plagiasi Sobirin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
12. Lembar Persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah dalam meningkatkan mutu mengajar guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Rembang. Studi ini dilakukan di dua situs, yaitu SDN Pekoren 1 dan SDN Mojoparon. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua sekolah menerapkan pembuatan program kerja di awal tahun pelajaran dan menyusun rencana supervisi tahunan yang jelas dan terstruktur, mencakup tujuan, jadwal, dan indikator kinerja yang akan dievaluasi. Observasi kelas dilakukan secara rutin dengan instrumen observasi yang telah disiapkan, diikuti dengan pemberian umpan balik konstruktif dan rencana tindak lanjut. Selain itu, budaya sekolah yang positif dibangun melalui penetapan misi dan visi, serta pembiasaan positif seperti senyum, sapa, dan salam. Pengukuran mutu mengajar dilakukan melalui platform Merdeka Mengajar dan Rapor Pendidikan, dengan faktor-faktor seperti kompetensi guru, semangat mengajar, dan implementasi Kurikulum Merdeka yang mendukung peningkatan metode pembelajaran. Penelitian ini menyoroti pentingnya supervisi akademik yang efektif dan budaya sekolah yang kondusif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Budaya Sekolah, Mutu Mengajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Sobirin Sobirin Sobirin
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:24
Last Modified: 22 Jul 2024 03:24
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2785

Actions (login required)

View Item View Item