ZAMRONI, ACHMAD (2024) PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK COACHING DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR (STUDI MULTISITUS DI SDN PENIDON I, SDN PLUMPANG III, DAN SDN SUMURJALAK II KABUPATEN TUBAN). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.
Text (01. Cover)
01. Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (02. BAB I)
02. Bab I.pdf Download (340kB) |
|
Text (03. BAB II)
03. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (843kB) |
|
Text (04. BAB III)
04. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
|
Text (05. BAB IV)
05. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (854kB) |
|
Text (06. BAB V)
06. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text (07. DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf Download (316kB) |
|
Text (08. LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (10. CEK HASIL PLAGIASI)
10. HASIL PLAGIASI ACHMAD ZAMRONI 2024 ALL+COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (39MB) |
|
Text (11. LEMBAR PERSETUJUAN)
11. Lembar Persetujuan S2 Unggah Karya Ilmiah-Achmad Zamroni.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) |
Abstract
Lembaga pendidikan bagi masyarakat merupakan tempat yang sangat diperlukan sebagai sarana untuk menimba ilmu, guru adalah orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik untuk memberikan pendidikan yang berkualitas. Kepala sekolah sebagai pemimpin manajemen sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam melaksanakan tugas menajemen di lembaga yang dipimpinnya, untuk itu kepala sekolah berkewajiban untuk memberikan bimbingan dan pembinaan kepada guru dalam rangka meningkatkan kualitas pendidik yang disebut dengan supervisi. Salah satu langkah penting dalam kegiatan supervisi akademik adalah tindak lanjut supervisi, sebab tanpa tindak lanjut supervisi akademik tidak memiliki dampak yang berarti dalam proses perbaikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tindak lanjut supervisi kepala sekolah menggunakan teknik coaching di SDN Penidon I, SDN Plumpang III dan SDN Sumurjalak II Kabupaten Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil subjek penelitian Pengawas SD, Kepala Sekolah dan Guru di SDN Penidon I, SDN Plumpang III dan SDN Sumurjalak II Kabupaten Tuban yang berarti penulis melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari pelaku yang dapat diamati dan/atau informasi secara langsung dengan mengunjungi lokasi lembaga. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah menggunakan pembinaan dengan teknik coaching yaitu percakapan yang bertujuan untuk menyadari potensial diri guru di SDN Penidon I, SDN Plumpang III dan SDN Sumurjalak II Kabupaten Tuban yang dilaksanakan dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan sehingga memberikan dampak yang sangat berarti bagi kegiatan pembelajaran di SDN Penidon I, SDN Plumpang III dan SDN Sumurjalak II Kabupaten Tuban.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Supervisi Akademik, Teknik Coaching, Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Achmad Zamroni |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 03:06 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 03:06 |
URI: | http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2780 |
Actions (login required)
View Item |