PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK COACHING DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR (STUDI MULTISITUS DI SDN PENIDON I, SDN PLUMPANG III, DAN SDN SUMURJALAK II KABUPATEN TUBAN)

ZAMRONI, ACHMAD (2024) PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK COACHING DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR (STUDI MULTISITUS DI SDN PENIDON I, SDN PLUMPANG III, DAN SDN SUMURJALAK II KABUPATEN TUBAN). Other thesis, UNIVERSITAS GRESIK.

[img] Text (01. Cover)
01. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (02. BAB I)
02. Bab I.pdf

Download (340kB)
[img] Text (03. BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[img] Text (04. BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text (05. BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text (06. BAB V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text (07. DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf

Download (316kB)
[img] Text (08. LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (10. CEK HASIL PLAGIASI)
10. HASIL PLAGIASI ACHMAD ZAMRONI 2024 ALL+COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39MB)
[img] Text (11. LEMBAR PERSETUJUAN)
11. Lembar Persetujuan S2 Unggah Karya Ilmiah-Achmad Zamroni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)

Abstract

Lembaga pendidikan bagi masyarakat merupakan tempat yang sangat diperlukan sebagai sarana untuk menimba ilmu, guru adalah orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik untuk memberikan pendidikan yang berkualitas. Kepala sekolah sebagai pemimpin manajemen sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam melaksanakan tugas menajemen di lembaga yang dipimpinnya, untuk itu kepala sekolah berkewajiban untuk memberikan bimbingan dan pembinaan kepada guru dalam rangka meningkatkan kualitas pendidik yang disebut dengan supervisi. Salah satu langkah penting dalam kegiatan supervisi akademik adalah tindak lanjut supervisi, sebab tanpa tindak lanjut supervisi akademik tidak memiliki dampak yang berarti dalam proses perbaikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tindak lanjut supervisi kepala sekolah menggunakan teknik coaching di SDN Penidon I, SDN Plumpang III dan SDN Sumurjalak II Kabupaten Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil subjek penelitian Pengawas SD, Kepala Sekolah dan Guru di SDN Penidon I, SDN Plumpang III dan SDN Sumurjalak II Kabupaten Tuban yang berarti penulis melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari pelaku yang dapat diamati dan/atau informasi secara langsung dengan mengunjungi lokasi lembaga. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah menggunakan pembinaan dengan teknik coaching yaitu percakapan yang bertujuan untuk menyadari potensial diri guru di SDN Penidon I, SDN Plumpang III dan SDN Sumurjalak II Kabupaten Tuban yang dilaksanakan dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan sehingga memberikan dampak yang sangat berarti bagi kegiatan pembelajaran di SDN Penidon I, SDN Plumpang III dan SDN Sumurjalak II Kabupaten Tuban.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Supervisi Akademik, Teknik Coaching, Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Achmad Zamroni
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:06
Last Modified: 22 Jul 2024 03:06
URI: http://elibs.unigres.ac.id/id/eprint/2780

Actions (login required)

View Item View Item